Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Apa Sih Bedanya Es Krim, dengan Gelato dan Sorbet?

202

Jakartakita.com –  Sekilas antara ss krim, gelato, dan sorbet  memang  terlihat mirip. Bagi orang awam, es krim, gelato dan sorbet adalah es krim. Namun ternyata es krim, gelator dan sorbet adalah tiga jenis dessert yang berbeda, baik dari bahan dan cara pembuatannya.

Nah, bagi yang masih bingung apa perbedaan dari ketiganya? Berikut jakartakita.com rangkumkan untuk Anda:

foto: istimewa
foto: istimewa

Es Krim

Es Krim sesuai namanya memiliki rasa krim yang kuat, teksturnya lembut dan mudah hancur. Es krim dibuat dari kepala susu (bukan) susu murni, bukan susu bubuk, bukan condensed milk. Selain krim, bahan utamanya adalah telur dan buah atau cita rasa lain. Bahan-bahan itu dikocok sampai mengembang. Artinya, dimasukkan udara atau angin ke dalamnya. Jadi, setiap liter bahan es krim yang siap dibekukan itu setengahnya adalah gelembung udara atau angin. Es krim berkualitas premium mengandung lebih sedikit gelembung udara.

foto: istimewa
foto: istimewa

Gelato

Gelato sebenarnya adalah bahasa Italia yang berarti es krim. Kata gelato sendiri berasal dari kata ‘congelati’ yang berarti beku. Gelato dibuat dari susu, gula, kuning telur, dan air.

Karena gelato merupakan es krim buatan rumahan khas dari italia, makanya gelato tidak bisa tahan lama seperti es krim. Gelato harus disajikan segar. Gelato biasanya mempunyai tekstur lebih padat dan mulus dibandingkan dengan es krim biasa, maka dari itu terasa sangat mengenyangkan. Oh iya satu lagi, gelato mempunyai kandungan lemak lebih sedikit dibandingkan dengan es krim, berkisar antara 7 – 8 persen saja. Gelato berkualitas tinggi kandungan lemaknya hanya 1-3 persen saja.

foto: istimewa
foto: istimewa

Sorbet

Sorbet dalam sejarahnya adalah makanan yang dibuat dari salju. Jadi, teksturnya ya seperti es serut. Bahan baku sorbet modern sangat sederhana, yaitu buah, air, dan gula. Proses pembuatannya sedikit banyak mirip dengan gelato, hanya menghilangkan unsur susu, krim, dan kuning telur. Sorbet juga terkenal dengan rasa buahnya yang dominan, karena memang terbuat dari buah asli.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan perbedaan antara es krim, gelato dan sorbet?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: