Take a fresh look at your lifestyle.

Hari Ini, Ribuan Buruh Berencana ‘Geruduk’ Istana

0 783
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Akhir pekan ini, Sabtu (6/2/2016), ribuan buruh se-Jabodetabek berencana menggelar aksi di depan Istana Negara. Aksi ini menyusul tindakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di sejumlah pabrik di Cikarang, Bekasi. Setidaknya ada 100 orang buruh yang akan ikut aksi ini untuk menunjukkan solidaritasnya kepada buruh yang terkena PHK.

Tak jauh berbeda dengan aksi sebelumnya, dalam demo kali ini, para buruh akan menuntut penghapusan sistem kerja kontrak atau outsourcing dan peninjauan kembali Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

Related Posts
1 daripada 4,930

Sebelumnya, sejumlah perusahaan yang menyatakan menutup usahanya di Indonesia, diantaranya PT Panasonic Lighting di Cikarang, Jawa Barat dan Pasuruan, Jawa Timur serta PT Toshiba Indonesia di Cikarang. Diperkirakan sebanyak 2500 buruh bakal terkena PHK dari penutupan dua pabrik elektronik ini.

Kedua pabrik Panasonic Lighting ini resmi ditutup. Pabrik Toshiba di Cikarang, Bekasi pun mengumumkan ditutup pada pertengahan Januari lalu. Saat ini, pekerja tengah dalam proses negosiasi pesangon. Perusahaan akan resmi berhenti beroperasi pada Maret mendatang.

Di luar dua perusahaan elektronik raksasa ini, terdapat dua perusahaan elektronik lain asal Korea Selatan yang juga mengumumkan akan menutup pabriknya di Indonesia, yaitu PT Samoin, yang telah mem-PHK 1.200 karyawannya, dan juga PT Starlink, yang mem-PHK 500 orang pekerja. Kedua perusahaan ini telah selesai beroperasi di Indonesia pada Januari kemarin.

Tinggalkan komen