Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Sinar Mas Land Siapkan Anggaran Sebesar Rp 29,79 Miliar untuk CSR

168
foto : jakartakita.com/harry tanoso
foto : jakartakita.com/harry tanoso

Jakartakita.com – Dalam rangka mengupayakan pemerataan ekonomi seperti yang dahulu pernah dicanangkan sebelumnya oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Sinar Mas Land mengkonstruksikan kegiatan-kegiatan CSR pada tahun 2017 yang memiliki dampak sejalan dengan visi Presiden tersebut.

“Kegiatan-kegiatan CSR Sinar Mas Land pada tahun 2017 antara lain adalah proyek pengembangan RTH dan RPTRA Kalijodo, Revitalisasi Pasar Rakyat, serta kegiatan CSR yang mendukung Program SDGs 2030,” ujar Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land di acara Sinar Mas Land Outlook 2017 di Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Dijelaskan, proses pengembangan Kalijodo sebelumnya telah dijalankan oleh Sinar Mas Land bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menciptakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) yang nyaman, bersih, dan bermanfaat.

Proyek pembangunan milik Pemprov DKI Jakarta yang sepenuhnya dibiayai oleh Sinar Mas Land ini dikembangkan di atas lahan seluas 4 hektar dengan fasilitas yang dibagi menjadi 4 macam yaitu fasilitas paru-paru kota yang memiliki taman kota dan daerah resapan; fasilitas olahraga diantaranya jogging track, sepeda, dan skate park; fasilitas public space berupa RPTRA, mushola, kios, dan amphitheatre; serta fasilitas public art berupa mural dan monumen.

Selain mengembangkan Kalijodo, Sinar Mas Land juga mengimplementasikan program CSR perusahaan pada Revitalisasi Pasar Rakyat yang dibagi menjadi 2 sub bidang yaitu ‘Green Economy’ dan ‘Smart People’, dimana program ini ditujukan untuk mencapai kemajuan bersama baik perusahaan dan masyarakat, juga memberikan dukungan penuh terhadap peran masyarakat serta menyeimbangkan kegiatan bisnis dengan kegiatan sosial perusahaan.

Sebelumnya, program Revitalisasi Pasar Rakyat telah dilakukan oleh Sinar Mas Land dalam pengelolaan Pasar Modern BSD City. Tanpa menghilangkan unsur ‘tradisional’, Pasar Modern BSD City dikelola dengan cara modern untuk memberikan kenyamanan dan higenitas dalam berdagang.

Selain itu, Sinar Mas Land juga menghadirkan Pasar Rakyat School untuk mengakomodasi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam meningkatkan bisnisnya, serta membentuk masyarakat yang cerdas, inovatif, dan berwawasan digital.

Lebih lanjut diungkapkan, dalam mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 yang dicanangkan oleh United Nation (UN), Sinar Mas Land merancang program-program CSR perusahaan yang berlandaskan 8 visi dari 17 visi SDGs 2030.

Visi-visi tersebut antara lain (1) menghapus kemiskinan dalam dalam segala bentuknya dimanapun; (2) Memastikan hidup yang sehat dan memajukan kesejahteraan bagi semua orang di semua usia; (3) memastikan kualitas pendidikan yang inklusif dan adil serta mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup bagi semua; (4) mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan inlusif, kesempatan kerja yang penuh dan produktif seta pekerjaan yang layak bagi semua; (5) membangun infrastruktur yang tangguh, menggalakkan industrialisasi yang berkelanjutan dan inklusif dan mengembangkan inovasi; (6) mengurangi ketimpangan di dalam dan di antara negara-negara; (7) membuat kota dan pemukiman manusia menjadi inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan; (8) mengambil tindakan segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampak-dampaknya melalui serangkaian Green Initiatives dari Sinar Mas Land.

Dari ke-8 visi ini, Sinar Mas Land memastikan komitmen penuh perusahaan untuk merealisasikan visi-visi tersebut ke dalam kegiatan CSR perusahaan di Indonesia.

“Perusahaan telah menyiapkan realisasi anggaran sebesar Rp 29,79 miliar, dimana anggaran tersebut terbagi ke dalam pembangunan Kalijodo sebesar Rp 23,5 miliar dan program CSR lainnya sebesar Rp 6,29 miliar. Program CSR lainnya mencakup kolaborasi program CSR di BSD, Grand City Balikpapan, Kota Deltamas, dan KIIC,” tandas Dhony.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: