Take a fresh look at your lifestyle.

Cadangan Devisa per Desember 2014 US$111,9 miliar,

0 714

images

Jakartakita.com – Baru-baru ini, Bank Indonesia (BI) merilis data posisi cadangan devisa Indonesia hingga akhir Desember 2014 yang tercatat sebesar US$111,9 miliar, lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir November 2014 sebesar US$111,1 miliar. Peningkatan cadangan devisa tersebut terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa hasil ekspor migas, penarikan pinjaman luar negeri Pemerintah, dan penerimaan Pemerintah lainnya dalam valuta asing yang melebihi pengeluaran untuk pembayaran utang luar negeri Pemerintah dan kebutuhan devisa dalam rangka stabilisasi nilai tukar rupiah.

Related Posts
1 daripada 6,498

Rilis tersebut juga menyebutkan, simpanan valuta asing dan swap bank-bank dengan Bank Indonesia juga meningkat menjelang akhir tahun 2014. Untuk keseluruhan tahun 2014, posisi cadangan devisa meningkat US$12,5 miliar dari posisi akhir tahun sebelumnya sebesar US$99,4 miliar.

“Posisi cadangan devisa per akhir Desember 2014 dapat membiayai 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Bank Indonesia menilai level cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan,” jelas Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara.

 

Tinggalkan komen