Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kini, Tiongkok Eksportir Senjata Ketiga Terbesar Di Dunia

162
tentara tiongkok
foto : istimewa

Jakartakita.com – Tiongkok kini menjadi negara eksportir senjata terbesar ketiga setelah AS dan Rusia, menurut sebuah laporan terbaru dari Institut Riset Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI).

Tiongkok mengalahkan Jerman, Prancis dan Inggris dalam mengekspor senjata antara 2010 dan 2014. Jumlah senjata buatan Tiongkok menguasai 5 persen pasar ekspor dunia.

Persentase 5 persen itu adalah menurut jumlah senjata yang dikirimkan Tiongkok ke luar negeri. Sedangkan kalau dihitung dalam nilai uang, diperkirakan nilai ekspor Tiongkok adalah US$ 300 miliar per tahun.

“Senjata yang bisa Anda dapatkan dari Tiongkok sudah jauh lebih baik kalau dibandingkan 10-15 tahun lalu,” kata Siemon Wezeman, peneliti senior di SIPRI, dalam siaran pers yang dirilis Senin (16/3/2015).

Wezeman juga mengatakan, pembeli senjata yang biasanya ke Rusia atau ke negara barat, sudah berani berpindah ke Tiongkok karena mereka sudah yakin bisa mendapatkan senjata berkualitas sama tapi dengan harga yang lebih murah.

“Bahkan, sebuah proposal senilai US$ 3,4 miliar untuk penjualan sistem pertahanan antirudal ke Turki, menunjukkan Tiongkok sudah berani berekspansi ke luar pasar tradisionalnya,” lanjutnya.

Berikut ini sepuluh negara eksportir senjata terbesar di dunia menurut urutannya:

  1. Amerika Serikat (31 persen)
  2. Rusia (27 persen)
  3. Tiongkok (5 persen)
  4. Jerman (5 persen)
  5. Prancis (5 persen)
  6. Inggris (4 persen)
  7. Spanyol (3 persen)
  8. Italia (3 persen)
  9. Ukraina (3 persen)
  10. 10. Israel (2 persen)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: