Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Meriahkan ‘Gout de France’, 5 Restoran Jakarta Sajikan Makanan Perancis

185

Gout de France 2015Jakartakita.com –  Hari ini, Kamis (19/3/2015), sebanyak 1.000  chef kenamaan di seluruh dunia berpartisipasi dalam acara ‘Gout de France’ dengan menyajikan menu Prancis secara serentak. Pada hari ini juga, seluruh Kedutaan Besar Perancis termasuk di Indonesia mengadakan gala dinner aneka masakan Perancis untuk menjamu masyarakat umum di Kedubes, sambil mempromosikan Perancis.

Dari ribuan restoran di dunia yang berpartisipasi dalam acara ini, 10 restoran terpilih dari Indonesia. Lima di antaranya adalah restoran yang berlokasi di Jakarta, yaitu; Amuz Gourmet, Eric Kayser, Hotel Borobudur, Le Petit Montmatre, Restaurant Emilie.

Acara ‘Gout de France’ ini dipelopori oleh chef terkemuka asal Prancis, Alain Ducasse, dan Kementerian Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Republik Prancis. Namun, sebenarnya  itu terinspirasi oleh acara Diners dEpicure (Epicurean Dinners), perhelatan makan bersama dalam satu hari dengan menu yang sama di sebanyak mungkin kota dan sebanyak mungkin jamuan, yang diprakarsai oleh Auguste Escoffier pada tahun 1912.

Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk semakin mempopulerkan masakan Perancis di kalangan masayarakat umum. Mengingat, sejak tahun 2010, sajian gastronomi Prancis masuk dalam Daftar Warisan Dunia Tak Benda UNESCO.

Sementara itu, Chef Alain Ducasse, yang menjadi motor acara ini, mengatakan kekayaan kuliner Prancis terletak pada harmonisasi makanan dan lingkungan hidup, serta semangat berbagi dan kecintaan pada keindahan dan sajian penggugah selera.

Tiap chef akan menawarkan sajian ala Prancis di restoran masing-masing dengan urutan, yakni makanan pembuka dingin, makanan pembuka panas, sajian ikan atau kerang, sajian daging atau ayam, keju Prancis, makanan pencuci mulut dengan sentuhan cokelat, anggur Prancis, dan aneka makanan penutup lainnya,

Setiap chef tetap diberi ruang kebebasan untuk mengangkat tradisi kuliner dan seni budaya masing-masing, sehingga mereka tetap menyajikan santapan berbasis produk lokal yang segar dengan kadar lemak, gula dan garam yang rendah.

Terkait harga menu yang ditawarkan, tiap-tiap restoran menentukannya sendiri, namun semua dihimbau untuk mendonasikan 5 persen dari seluruh proses untuk disumbangkan pada NGO lokal yang aktif mempromosikan kesehatan dan lingkungan.

Nah, bagi Anda yang ingin mencicipi hidangan khas Perancis, datang saja ke Restoran di bawah ini:

Amuz Gourmet

Jl. Jendral Sudirman Kav 52-53, The energy Building 2nd Floor, Jakarta Pusat.

Telp: +62 21 2505064

Eric Kayser Indonesia
Plaza Senayan, Fourth Floor
Jl. Asia Afrika, Senayan,
Jakarta Selatan
Phone: +62-21 53660821

Hotel Borobudur Jakarta 

Jl. Lapangan Banteng Selatan No.1, Jakarta Pusat

Telp:+62 21 3805555

Le Petit Montmatre

Restoran Emilie

Jalan Senopati No.39, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Telp:+62 21 5213626

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: