Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Menggambar Dapat Melatih Daya Visual Anak

108
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Kehadiran seorang anak adalah kebahagiaan setiap pasangan suami istri. Banyak rencana – rencana yang akan disiapkan untuk diberikan kepada si anak, agar anak – anak bertumbuh kembang dengan baik.

Memberikan pendidikan sejak dini adalah salah satunya. Para orang tua dapat melatih daya visual anak sejak dini, yaitu pada saat sang anak menginjak umur 3 tahun, dengan cara menggambar, mewarnai dan bermain bersama.

Hal ini sangat penting dilakukan para orang tua, karena dengan menggambar maka si anak dapat mengembangkan sistem motorik halusnya, yang meliputi gerakan tubuh dan daya imajinasinya. Yang terkordinir antara susunan saraf, otot, otak, dan spinal cord.

Keuntungan lainnya dalam memberikan pelatihan menggambar dasar buat anak adalah, para orang tua bisa mengenalkan bentuk – bentuk, alphabet, angka kepada si anak dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Dan tentunya, tercipta sebuah momen yang bisa mendekatkan secara intim para orang tua dengan anaknya.

Biasanya pada umur 3 tahun anak – anak sangat senang bermain dengan kertas dan crayon. Para orang tua disini bisa mendampingi anak – anaknya dengan ikut membimbing mereka dalam menggambar sambil bermain dirumah. Dengan menggambar para orang tua dapat mengenalkan berbagai jenis binatang tanpa harus mengajak si anak ke kebun binatang.

Lewat menggambar, para orang tua pun bisa mengenalkan bentuk kursi, meja, pintu. Atau bisa juga dengan mengenalkan segala jenis hewan melalui huruf – huruf alphabet. Seperti, membuat huruf ‘B’ dan dirubah menjadi sebuah gambar kucing, atau dari huruf ‘S’ dibuat menjadi gambar bebek, seperti yang Pak Tino Sidin ajarkan dahulu di TVRI.

Jika para orang tua masih kesulitan, karena tidak bisa menggambar, maka para orang tua dapat mengajak anaknya untuk mengikuti beberapa coaching clinic menggambar, yang biasanya diadakan di taman hiburan anak – anak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: