Take a fresh look at your lifestyle.

Awas! Kekurangan Vitamin D Bisa Bikin Depresi

0 857
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Selama ini kita mengetahui bahwa vitamin D erat kaitannya dengan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D bakal berakibat fatal bagi kesehatan tulang dan otot. Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan kekebalan tubuh yang buruk, beberapa jenis kanker, dan penyakit jantung.

Namun, ternyata sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Oregon State University menunjukkan hubungan antara rendahnya tingkat Vitamin D dan risiko depresi pada wanita muda sehat. Wah, kekurangan vitamin D bisa bikin depresi?

Untuk melakukan penelitian ini, para ahli merekrut 185 wanita muda berusia 18-35 tahun. Peneliti mengukur tingkat Vitamin D dari sampel darah dan para peserta diminta untuk mengisi survei gejala depresi.

Related Posts
1 daripada 300

Setelah dilakukan penelitian selama lima minggu, peneliti menemukan lebih 75 persen peserta melaporkan gejala depresi klinis yang signifikan setiap pekan selama penelitian.

Peneliti percaya bahwa wanita muda dengan tingkat vitamin D rendah lebih rentan memiliki gejala depresi klinis signifikan.

Dari studi tersebut para ahli juga merekomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D sebanyak 600 IU per hari. Ini bisa didapatkan ketika kulit kita terkena sinar matahari, dan sumber-seumber vitamin D lainnya, seperti; minyak ikan, ikan, susu, keju, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Hayo, mulai sekarang jangan malas ya berjemur di pagi hari sambil terus menjaga pola makan sehat. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tubuh yang sehat akan memperkecil kemungkinan depresi apalagi bunuh diri.

Tinggalkan komen