Take a fresh look at your lifestyle.

Menag Pastikan Biaya Haji Indonesia Yang Termurah di ASEAN

0 1,081
ibadah haji
foto : istimewa

Jakartakita.com – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifudin memastikan bahwa Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) Indonesia adalah yang termurah di ASEAN.

“Saya menantang, tunjukan satu saja negara di ASEAN yang lebih murah (biaya hajinya) dari Indonesia,” tegas Menag seperti dikutip laman kemenag.go.id, Rabu (15/4/2015) malam.

Menurut Menag, biaya haji Malaysia sekitar 4.000an dolar AS. Singapura bahkan lebih mahal, mencapai lebih dari 6.000 dolar AS. Sementara Indonesia, rata-rata BPIH tahun lalu adalah 3.219 dolar AS. Sekarang bahkan oleh Menag dipastikan akan turun.

“Kita berharap di bawah 3.000 dolar AS. Mudah-mudahan bisa dicapai,” jelas Menag.

Related Posts
1 daripada 5,265

Soal fasilitas yang diberikan kepada jamaah, Menag menegaskan bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang memberikan living cost (biaya hidup) sekitar 400 dolar AS kepada jamaah. Biaya hidup 400 dolar itu sudah termasuk dalam total biaya  3.219 dolar AS tersebut.

“Tidak ada satu pun negara yang menerapkan kebijakan itu,” kata Menag.

“Saya pikir tidak benar kalau kita itu mahal,” tambah Menag.

Sebelumnya diberitakan, alasan penurunan BPIH tersebut karena Kemenag mampu merampingkan rute perjalanan ibadah haji.

“Karena tahun ini Kemenag berhasil mengefisienkan rute perjalanan. Selama ini 12 embarkasi harus ke Jeddah dulu, sekarang bisa langsung ke Madinah. Demikian pula kembali ke tanah air, biasanya harus ke Jeddah dulu baru ke Indonesia, sekarang dari Madinah langsung bisa,” jelas Menag.

 

Tinggalkan komen