Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

KAA Harus Menjadi Solusi Persoalan Dunia

409
Pejalan kaki melintas di samping baliho sosialisasi acara peringatan Konferensi Asia Afrika di Jakarta, Senin (4/4).
foto : istimewa

Jakartakita.com – Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Muhammad Rifai Darus menyatakan, pertemuan Peringatan Ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta dan Bandung, harus menjadi solusi untuk menyelesaikan persoalan dunia.

“Kita harapkan Forum KAA harus lebih maju dan memecahkan kebuntuan dari berbagai masalah kawasan yang menjadi perhatian dunia,” kata Rifai, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa(21/4/2015).

Rifai mencontohkan, persoalan isu dunia yang menjadi perhatian internasional yakni krisis ISIS, agresi Yaman, Palestina, sengketa Laut China Selatan, Afganistan-Taliban, konflik Rusia-Ukraina dan rasialisme di Perancis.

Menurutnya, dampak krisis politik dunia yang disertai agresi militer tersebut memunculkan masalah yang tidak sederhana. “Seperti gelombang pengungsi, ancaman krisis, pasokan minyak dunia dan nilai tukar mata uang,” ucapnya.

Artikel Terkait
1 daripada 6

Rifai juga mengungkapkan, para kepala negara dan delegasi peserta KAA harus mengembalikan semangat awal berdirinya forum pertemuan tingkat tinggi itu sesuai Dasasila Bandung.

Semangat itu meliputi kedaulatan suatu negara dengan menghormati hak dasar manusia, tidak melakukan agresi militer, turut menciptakan perdamaian dunia menjadi semangat kolegial negara Asia Afrika. “Visi tersebut harus menjadi pemersatu seluruh negara,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, sekitar tahun 1960-an melalui persidangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ke-15, Dasasila Bandung mampu menerbitkan Resolusi Deklarasi Pembenaran Kemerdekaan atau Deklarasi Kolonialisasi kepada negara yang terjajah.

Oleh sebab itu, Rifai optimis pertemuan KAA 2015 akan mencairkan persoalan isu dunia dengan komunikasi antarnegara untuk mengatasi krisis internasional sesuai warisan perjuangan para pendiri KAA.

Sebagai informasi, sebanyak 79 negara delegasi dan 33 kepala negara saat ini menghadiri pertemuan KAA di Jakarta dan Bandung, Jawa Barat yang dihelat 19-24 April 2015. (Sumber : Antara)

 


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?