Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ini Dia 10 Tuntutan Buruh pada May Day Tahun Ini

0 639

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Ketua KSPI Said Iqbal menyebutkan satu juta buruh yang akan turun ke jalan untuk merayakan May Day pada 1 Mei 2015 di 30 provinsi dan 250 kabupaten/kota akan menuntut 10 hal.

“Kami akan menyampaikan 10 tuntutan pada hari buruh 1 Mei 2015,” kata Said dalam siaran pers Selasa (28/4/2015).

Tuntutan pertama, tolak politik upah murah dengan menuntut kenaikan UMP/K sebesar 32 persen (juga menolak kenaikan upah lima tahun sekali dan mendesak pemerintah untuk mengubah KHL menjadi 84 item dari 60 Item KHL).

Artikel Terkait
1 daripada 14

Kedua, mendesak pemerintah untuk menjalankan jaminan pensiun buruh wajib pada awal Juli 2015 dengan manfaat pensiun 60 persen hingga 75 persen dari gaji terakhir (seperti PNS).

Ketiga, mendesak pemerintah untuk menambah anggaran Jaminan Kesehatan sebesar Rp30 triliun dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Keempat, mendesak pemerintah untuk segera menghapus sistem kerja outsourcing, khususnya di BUMN. Kelima, menolak kenaikan harga BBM, elpiji, tarif dasar listrik (TDL) sesuai harga pasar. Keenam, mendesak pemerintah untuk menurunkan harga barang pokok. Ketujuh, End Coorporate Greed.

Kedelapan, mendesak pemerintah untuk mencabut aturan tentang Objek Vital dan Stop tindakan Union Busting dan kekerasan terhadap aktivis buruh. Kesembilan, angkat guru dan pegawai honorer menjadi PNS tanpa tes lagi. Kesepuluh, mengesahkan RUU PRT dan Revisi UU perlindungan TKI.

Menurut Said, rencananya tuntutan buruh ini akan dibacakan di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, serta akan dihadiri oleh para pimpinan serikat pekerja sedunia dan pimpinan buruh Asia Pacifik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?