Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Begini Cerita Awal Mulanya Android Hadir Di Pasar

1,098

Tiket Pesawat Murah Airy

logo androidJakartakita.com – Diantara banyak sistem operasi pada ponsel, sistem operasi Android adalah salah satu yang paling popular di masyarakat.

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet.

Salah satu keunggulan Android karena menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri, untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.

Adapun ponsel pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008.

Tapi tahukan Anda, awal mula hadirnya Android dipasaran?

Menurut keterangan dari berbagai sumber yang dihimpun Jakartakita.com, awal mula hadirnya Android dipasaran bermula pada bulan Juli 2005, dimana Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat.

Para pendiri Android Inc. yang bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White.

Artikel Terkait
1 daripada 52

Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu pula muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler.

Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.

Seiring perjalanan waktu, akhirnya pada periode September 2007, Google memperkenalkan Nexus One, salah satu jenis smartphone GSM dengan sistem operasi berbasis Android.

Google juga mengajukan hak paten atas aplikasi pada smartphone ini dan kemudian smartphone ini diproduksi oleh HTC Corporation dan mulai dipasarkan pada Januari 2010.

Selain itu, pada September 2008 terbentuklah anggota-anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, yakni Sony Ericsson, Toshiba Corp, SoftBank, Vodafone Group dan beberapa perusahaan lainnya.

Perkembangan Android sendiri saat ini cukup pesat. Ini di buktikan dengan banyaknya vendor membuat perangkat handphone maupun tablet Android, seperti Samsung, Sony, HTC, LG, dan vendor lokal seperti Mito, Nexian, Cross, Polytron dan lain-lain.

Pengguna Android juga semakin bertambah karena ponsel Android yang tersedia dipasaran ditawarkan dari yang termurah sampai termahal. Juga dukungan aplikasi yang melimpah dan dukungan perusahaan Google.

 

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More