Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Fakta-Fakta Menarik Seputar Keberhasilan Barcelona Menjuarai Liga Champions

316
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Barcelona telah berhasil meraih gelar juara Liga Champions setelah mengalahkan Juventus 3-1 di partai final yang berlangsung di Olympiastadion, Minggu (7/6/2015) dini hari WIB. Keberhasilan tersebut ternyata juga memiliki fakta-fakta menarik seputarnya. Berikut diantaranya:

Gelar Liga Champions Kelima

Gelar juara Liga Champions yang diraih Lionel Messi dkk merupakan gelar kelima Barcelona di ajang tersebut. Barcelona sebelumnya meraih gelar pada tahun 1992, 2006, 2009, dan 2011. Mereka sebelumnya juga pernah kalah di tiga partai final, yaitu pada 1961, 1986, dan 1994.

“Treble” Kedua Sepanjang Sejarah Klub

Dengan tambahan gelar juara Liga Champions, maka Barcelona meraih “treble” musim ini. Sebelumnya Barcelona telah meraih gelar juara La Liga dan Copa del Rey 2014/2015. “Treble” ini merupakan kedua kalinya Barcelona meraih tiga gelar juara dalam satu musim. Pencapaian serupa hanya pernah terjadi pada musim 2008/2009, saat Barcelona masih ditangani Pep Guardiola

foto:
foto: fcbarcelona

Debut Enrique Seperti Guardiola

Pelatih Luis Enrique menjalani musim debutnya dengan gemilang. Baru musim ini ditunjuk menukangi “Blaugrana”, Enrique langsung mempersembahkan “treble”. Prestasinya yang gemilang ini serupa dengan Guardiola, yang juga menjalani musim debut bersama Barcelona saat mempersembahkan “treble” pada musim 2008/2009.

Artikel Terkait
1 daripada 1,997

Tujuh Pemain Raih “Treble” Kedua

Ada tujuh pemain Barcelona yang merebut “treble” keduanya dini hari tadi. Mereka adalah Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Pedro Rodriguez, Sergio Busquets, Dani Alves, dan Gerard Pique. Ketujuh pemain ini juga berada dalam daftar skuat Barcelona musim 2008/2009.

foto: espn
foto: espn

Xavi Akhiri Karirnya di Barcelona dengan Gemilang

Xavi Hernandez tampaknya akan meninggalkan Barcelona dengan hati lapang karena menorehkan prestasi gemilang turut membawa Barcelona meraih “treble” keduanya. Musim depan ia akan bermain untuk klub Qatar Al Sadd. Pada partai final dini hari tadi, ia masuk menggantikan Iniesta pada menit ke-78.

Messi dan Neymar Top Skor Liga Champions

Meski tak mencetak gol di partai final, Messi turut tercatat sebagai top skor Liga Champions musim ini dengan 10 gol. Neymar, berkat satu gol yang dicetaknya dini hari, juga menorehkan jumlah gol yang sama. Pemain bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, pun mencetak 10 gol. Tiga diantaranya dari titik putih.

foto: espn
foto: espn

Tak Sia-sia Barcelona Membeli Mahal Suarez

Luis Suarez tercatat sebagai pembelian termahal Barcelona musim ini, dengan banderol transfer 75 juta pound sterling saat didatangkan dari Liverpool. Tapi, jumlah tersebut terbukti tak sia-sia, karena ia membentuk trisula maut bersama Messi dan Neymar di lini depan Barcelona. Suarez menyumbang satu gol di partai final dini hari tadi, pada menit ke-68. Total ia menorehkan tujuh gol di ajang Liga Champions musim ini.


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com