Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Begini Cara Menjauhkan Gadget dari Si Kecil

0 1,048

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Di zaman modern seperti sekarang, keberadaan gadget hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Dari orang dewasa sampai anak-anak sudah mengenal dan bahkan mahir dalam menggunakan gadget.

Bahkan gadget sering dijadikan ‘dewa penolong’ bagi para orang tua untuk membuat si kecil ‘anteng’ dan tidak rewel. Para orang tua lebih suka anak-anak bermain-main dengan gadgetnya di dalam rumah ketimbang bermain di luar. Jadi para orang tua yang super sibuk ini tidak kerepotan mengawasi si kecil. Para orang tua pun bangga telah mencukupi anak-anak mereka dengan gadget tercanggih yang dianggap punya nilai edukasi.

Sayangnya, tak banyak orang tua yang tahu kalau menggunakan gadget untuk waktu yang lama tanpa peraturan apa pun dapat memiliki banyak efek serius pada kesehatan fisik dan mental anak.

Dengan berjalannya waktu, ini akan memiliki dampak tersendiri terhadap pertumbuhan emosional, mental dan fisik. Lalu bagaimana caranya menjauhkan gadget bagi si kecil yang sudah terlanjur kecanduan?

Parents, begini cara menjauhkan gadget dari si kecil seperti dilansir dari laman Boldsky:

Ajak bermain di luar

Ajak anak untuk menghabiskan waktu di luar ruangan. Ini akan membuat mereka secara mental dan fisik fit, terutama jika mereka bisa bermain dengan teman sebaya. Juga, ini akan membantu mereka mengalihkan pikiran, bukan hanya duduk menganggur di sofa dengan gadget.

Buatkan jadwal penggunaan gadget

Artikel Terkait
1 daripada 9

Lebih baik untuk menetapkan jadwal rutinitas harian anak-anak Anda dengan waktu tertentu untuk menggunakan gadget. Tapi, pastikan bahwa mereka tidak menghabiskan waktu hanya menonton kartun, chatting atau bermain game.

Gantikan permainan gadget dengan permainan nyata

Jika Anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan jika anak-anak kecanduan gadget, mungkin ini adalah ide yang menarik. Jika mereka suka bermain kartu atau catur pada layar komputer, perkenalkan permainan yang nyata dan bermainlah dengan mereka. Ini akan mengalihkan minat mereka dari layar dengan realitas dengan lebih banyak kegembiraan.

Kembangkan hobinya

Mendapatkan waktu luang adalah alasan utama mengapa anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu dengan gadget. Salah satu ide menarik untuk mengubah kebiasaan ini adalah untuk mengembangkan beberapa hobi, seperti berkebun, membaca, main puzzle, sepakbola, dan lainnya. m

Ajarkan sebuah keahlian

Belajar sesuatu yang baru adalah ide yang terbaik untuk menjaga otak mereka aktif dan terlibat. Jadi, memberikan kesempatan bagi anak-anak Anda untuk belajar sesuatu yang baru seperti berenang, atau olahraga baru, bahasa baru, sulap, atau alat musik atau bahkan tari.

Ajak berpiknik

Ajaklah anak-anak Anda untuk piknik menikmati keindahan alam setiap seminggu sekali atau sebulan sekali. Beraktivitas di  taman atau pantai dapat membuat anak-anak lebih aktif daripada rumah tertutup penuh dengan gadget.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?