Take a fresh look at your lifestyle.

Tingkat Kepuasan Karyawan BCA Tertinggi Dibanding Bank Lokal Lain

0 1,595
ilustrasi motivasi-karyawan
foto : istimewa

Jakartakita.com – PT Bank Central Asia Tbk (BCA), meraih rating tertinggi tingkat kepuasan karyawan berdasarkan analisis yang dilakukan Jobplanet, platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan.

Asal tahu saja, Jobplanet baru-baru ini melakukan analisis terhadap tingkat kepuasan karyawan di empat bank terbesar di Indonesia, berdasarkan data yang terdapat dalam website Jobplanet hingga pertengahan Januari 2016.

Keempat bank tersebut adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Central Asia Tbk (BCA), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Related Posts
1 daripada 6,255

Keempat bank tersebut juga merupakan bank dengan jumlah konten terbanyak di Jobplanet, di mana total konten dari keempatnya hingga pertengahan Januari lalu telah mencapai hampir 7.000 konten, meliputi review perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara.

Dalam website Jobplanet, ada beberapa faktor yang dinilai oleh para pengguna—yang juga merupakan pencari kerja serta karyawan dan mantan karyawan suatu perusahaan—dalam setiap review mereka. Di antaranya adalah, faktor gaji dan tunjangan, work-life balance (keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan), manajemen perusahaan, serta tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan secara umum.

Setiap faktor tersebut dinilai berdasarkan rating 1 hingga 5, yang mewakili “Sangat Tidak Puas” hingga “Sangat Puas”. Semakin tinggi rating yang diberikan oleh pengguna, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka terhadap faktor internal di perusahaan tempat mereka bekerja.

“Dari antara keempat bank tersebut, misalnya, BCA meraih rating kepuasan tertinggi dalam hal gaji dan tunjangan, work-life balance, dan manajemen. Hal itu mempengaruhi tingkat kepuasan karyawan secara umum, sehingga bank tersebut juga meraih tingkat kepuasan paling tinggi di antara bank-bank lainnya,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

“Meski begitu, berdasarkan data yang kami himpun dari database kami, keempat bank tersebut memiliki tingkat kepuasan karyawan di atas rata-rata. Sebagai informasi, rata-rata rating kepuasan karyawan secara keseluruhan dari perusahaan-perusahaan perbankan yang terdapat dalam website Jobplanet adalah 3,2. Sementara rata-rata rating kepuasan karyawan BCA, BNI, Bank Mandiri, dan BRI adalah di atas itu,” tandas Kemas.

Tinggalkan komen