Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Penjualan Produk Elektronik Dongkrak Pertumbuhan IPR Januari 2016

0 673

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tiket Pesawat Murah Airy

ilustrasi daya beli masyarakat - suasana disebuah pameran elektronik
foto : istimewa

Jakartakita.com – Bank Indonesia (BI) baru-baru ini merilis laporan tentang Survei Penjualan Eceran yang mengindikasikan bahwa secara tahunan penjualan eceran menguat pada Januari 2016.

Dalam laporan tersebut, terungkap bahwa Indeks Penjualan Riil (IPR) Januari 2016 tumbuh 12,5% (yoy), lebih tinggi dibandingkan Desember 2015 yang tumbuh 11,4% (yoy).

Artikel Terkait
1 daripada 44

Pertumbuhan IPR Januari 2016 yang meningkat terutama didorong oleh pertumbuhan penjualan peralatan informasi dan telekomunikasi, khususnya produk elektronik (audio/video). Peningkatan tersebut diindikasikan sejalan dengan munculnya beberapa jenis produk baru pada awal tahun 2016. Secara regional, pertumbuhan penjualan eceran tertinggi terjadi di Bandung sebesar 34,1% (yoy).

Penjualan eceran pada Februari 2016 diperkirakan tumbuh melambat (11,9%, yoy). Perlambatan diperkirakan terjadi pada penjualan sejumlah produk, dengan perlambatan terbesar pada penjualan sandang. Selain itu, pada Februari 2016 diperkirakan masih terjadi kontraksi penjualan komoditas BBM, meskipun relatif membaik jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga pada April 2016 diperkirakan menurun. Indikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat sebesar 123,7, lebih rendah dari 131,2 pada bulan sebelumnya.

Hasil lengkap survei dapat dilihat dalam Survei Penjualan Eceran di Website Bank Indonesia.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More