Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Pulau Padar, Pulau Kecil Seindah Surga Tempat Tinggal Para Naga

2,018
foto : catperku

Jakartakita.comNaga tak hanya ada dalam film fiksi lho! Kunjungan ke Pulau Padar di Labuan Bajo, kamu bisa secara langsung melihat para naga ganas.

Mendengar kata naga, kamu pasti membayangkan makhluk berukuran raksasa yang bisa menyemburkan api. Tak hanya itu, naga juga dikenal sebagai makhluk buas yang siap menyerang siapa pun di dekatnya. Itulah gambaran singkat dari naga dalam beragam cerita fiksi. Namun, bagaimana kalau naga ternyata bisa pula kamu jumpai di dunia nyata?

Kalau ingin menyaksikan naga di dunia nyata, kamu bisa menyempatkan waktu liburan ke Pulau Padar di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau yang satu ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di NTT. Tempat ini menawarkan pemandangan indah dengan udara yang bersih.

Sebagai informasi tambahan, pulau ini juga dikenal sebagai tempat tinggal para naga.

Hanya saja, naga yang ada di Pulau Padar bukanlah naga dengan kemampuan menyemburkan api. Naga di pulau ini adalah naga komodo yang dikenal sebagai salah satu reptil terbesar dunia.

Hewan purba yang satu ini bisa berukuran mencapai 3 meter dan berbobot 70 kg. Hewan ini dikenal sebagai predator dengan memanfaatkan liurnya yang memiliki racun berbahaya.

Sebagai bagian dari kawasan Taman Nasional Komodo, Pulau Padar juga menjadi tempat tinggal hewan purba tersebut. Jumlah komodo yang ada di pulau surga ini memang tak banyak. Namun, komodo-komodo tersebut merupakan komodo buangan yang sebelumnya tercatat pernah melakukan penyerangan kepada manusia. Oleh karena itu, kamu harus tetap waspada selama di tempat ini.

Kalau ingin melihat keberadaan naga komodo dengan jumlah lebih banyak, kamu bisa menuju ke pulau lain yang juga ada di sekitar Pulau Padar. Pulau-pulau tersebut di antaranya adalah Pulau Rinca, Gili Motang, Flores, serta Pulau Komodo.

foto : malahayati
Artikel Terkait
1 daripada 40

Menikmati Pemandangan Terbaik di Pulau Padar

Daya tarik utama dari Pulau Padar bukanlah keberadaan komodo. Pulau ini terkenal sebagai pulau kecil dengan pemandangan memukau.

Spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan indah dipulau ini berada di Bukit Padar. Dari bukit ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang sulit untuk digambarkan keindahannya.

Hanya saja, untuk menuju ke puncak Bukit Padar, kamu harus melakukan perjuangan. Untuk menuju ke puncak bukit tersebut, cara satu-satunya adalah dengan berjalan kaki. Selain itu, pastikan untuk membawa perbekalan, baik makanan ataupun minuman, yang cukup. Jangan harap kamu bisa menemukan penjual makanan di puncak bukit ini, karena Pulau Padar merupakan pulau tak berpenghuni.

foto : yukpiknik

Cara Menuju Pulau Padar

Tak sulit kalau kamu ingin melakukan perjalanan liburan ke Pulau Padar. Langkah pertama, kamu bisa memesan tiket dengan tujuan Labuan Bajo.

Kalau ingin harga tiket pesawat yang murah, kamu bisa mendapatkannya di website maupun aplikasi Airy. Kamu bisa menemukan beragam maskapai yang menawarkan layanan tiket pesawat ke Labuan Bajo di Airy.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan layanan mereka ketika ingin liburan ke destinasi wisata lainnya di Indonesia. Dijamin, harganya murah, deh!

Setelah sampai di Labuan Bajo, kamu bisa menemukan layanan sewa kapal menuju ke Pulau Padar. Agar perjalanan pendakianmu tidak terlalu melelahkan, usahakan untuk memilih waktu pendakian di pagi hari. Alasannya, karena pulau ini merupakan pulau yang panas. Mendaki bukit di tengah pancaran sinar matahari, bakal membuat cepat merasa lelah.

Selain itu, pastikan untuk mengenakan sunblock saat melakukan pendakian ke Bukit Padar. Kalau tidak, bisa dipastikan sepulang dari pulau ini, kamu akan memiliki kulit yang bersisik seperti komodo. Hii… enggak deh!


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?