Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

IDAI & Nestle Indonesia Bersinergi Gelar Pekan Imunisasi Dunia Untuk Wujudkan Indonesia Sehat

3,735

Jakartakita.com – Dalam rangka menyambut Pekan Imunisasi Dunia (PID), Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan PT Nestle Indonesia menggelar seminar nasional dengan tema ‘Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Tepat untuk Mendukung Indonesia Sehat’ di Jakarta, pada tanggal 24 – 30 April 2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Piprim B. Yanuarso, Sp.A(K) sebagai PJS Ketua Umum PP IDAI, dengan narasumber; Prof. DR. Dr. Soedjatmiko, Sp.A(K). M.Si dari Satuan Tugas Imunisasi IDAI serta Dr. Yoga Devaera. Sp.A(K) dari Unit Kerja Koordinasi Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI, dan Head of Medical & Nutrition Service Department, Nestle Indonesia DR. Dr. Ray Basrowi, MKK.

Dalam kesempatan tersebut, UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr. Yoga Devaera, Sp.A(K) mengatakan, bahwa pemberian imunisasi yang lengkap harus dibarengi dengan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang.

Menurutnya, anak yang kekurangan nutrisi berpotensi mengalami penurunan kemampuan kognitif dan rentan terinfeksi penyakit menular.

“Imunisasi telah menyelamatkan jutaan nyawa dari penyakit menular yang mematikan di dunia. Imunisasi mencegah penyakit, kecacatan, dan kematian dari penyakit menular yang dapat dicegah oleh imunisasi (PD3l), termasuk difteri, hepatitis B, campak, rubela, gondongan, pertusis, pneumonia, polio, diare rotavirus, tetanus dan kanker serviks,” ucap Dr. Yoga di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Sedangkan, Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia, Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi, mengatakan, “Imunisasi berperan penting untuk melindungi bayi dan anak dari berbagai penyakit karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak, agar mampu melawan penyakit-penyakit menular yang berbahaya. Anak yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap berpotensi tidak memiliki kekebalan yang spesifik terhadap suatu penyakit sehingga dapat menyebabkan sakit berat, cacat dan bahkan meninggal.”

Adapun Head of Medical and Nutrition Service Department Nestle Indonesia, DR. Dr. Ray Basrowi, MKK mengatakan, “Anak yang mendapatkan nutrisi lengkap dan tepat pada usianya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Kami menyarankan orang tua untuk selalu memberikan makanan sesuai usia dan kebutuhan anak, dan dapat memberikan MP-ASI fortifikasi untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wadah pembekalan pengetahuan bagi rekan media mengenai pentingnya imunisasi bagi anak Indonesia dan diharapkan pesan-pesan edukatif terkait pentingnya imunisasi dapat disebarkan sehingga dapat membantu memaksimalkan cakupan imunisasi yang tinggi secara terus-menerus,” jelas Ray.

Asal tahu saja, meskipun telah dicapai berbagai kemajuan dalam hal cakupan dan perkenalan vaksin baru, target cakupan untuk eliminasi PD3l masih jauh dari tercapai. Masih ada lebih dari 19 juta anak di dunia yang tidak divaksinasi atau vaksinasinya tidak lengkap, yang membuat mereka sangat berisiko untuk menderita penyakit-penyakit yang berpotensi mematikan.

Menurut World Health Organization (WHO), saat ini imunisasi diperkirakan dapat mencegah 2 hingga 3 juta kematian setiap tahunnya dan tambahan 1,5 juta nyawa dapat diselamatkan apabila cakupan imunisasi global bertambah.  (Edi Triyono)


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: