Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

5 Hal yang Harus Diketahui Tentang Kursi yang Kamu Pilih di Pesawat

1,058

Jakartakita.com – Bepergian dengan pesawat tentunya memerlukan waktu yang lebih sedikit ketimbang moda transportasi lainnya.

Beberapa orang mungkin tidak peduli soal posisi tempat duduk di dalam pesawat, terutama kalau waktu perjalanannya hanya sebentar.

Meskipun hanya 1 – 2 jam di dalam pesawat, tentu lebih nyaman kalau kamu bisa mendapatkan kursi pesawat yang diinginkan.

Pemilihan kursi pesawat sudah bisa dilakukan sendiri kalau kamu beli tiket lewat online travel agent seperti Traveloka.

Nah, berikut ini perbedaan posisi kursi di dalam pesawat.

1. Window seat, kursi dekat jendela

Posisi kursi satu ini memang jadi rebutan banyak orang, bukan hanya di pesawat, tetapi juga saat menggunakan moda transportasi lain. Kursi dekat jendela pesawat biasanya jadi incaran buat kamu yang pergi sendirian. Kamu bisa melihat ke luar jendela dan melihat langit selama penerbangan berlangsung. Bagi kamu yang ingin beristirahat, kursi dekat jendela juga jadi favorit karena bisa dipakai untuk bersandar dan tidur selama perjalanan. Namun, hati-hati juga memilih tempat duduk di area sayap. Jika duduk di area ini, pemandanganmu ke luar jendela mungkin terhalangi.

Artikel Terkait
1 daripada 12

2. Aisle seat, kursi dekat lorong

Tempat duduk nyaman untuk penerbangan panjang. Iya, kamu biasanya akan tidak betah kalau harus menggunakan penerbangan berdurasi panjang. Kakimu akan digerak-gerakkan karena mulai pegal selama duduk dengan ruang gerak yang terbatas. Mungkin kamu juga bolak balik ke toilet kalau durasi penerbangannya cukup lama. Karena itulah, kursi dekat lorong juga diminati oleh banyak orang, terutama yang punya kaki panjang. Ruang yang lebih luas di lorong bisa digunakan untuk meluruskan kaki. Namun, kamu harus tetap berhati-hati kalau ada orang yang lewat, jangan sampai mengganggu penumpang lain atau pramugari yang sedang membawa troli makanan.

3. Tempat duduk tengah

Biasanya kamu akan merasa apes banget kalau harus duduk di kursi tengah dan pergi sendirian. Ya, terutama kalau penumpang di sebelahmu mengantuk dan kepalanya tidak sengaja bersandar di bahumu. Namun, katanya penumpang yang duduk kursi tengah di dalam pesawat punya ‘hak’ atas sandaran tangan di bagian kiri dan kanannya. Sebagaimana posisi windows seat dan aisle seat memiliki kelebihan, penumpang di kursi tengah juga harus tetap merasa nyaman.

4. Kursi deretan depan

Kalau kamu harus mengejar jadwal meeting yang padat setibanya di tempat tujuan, mungkin kamu akan langsung menuju pintu keluar saat pesawat baru saja landing. Nah, buat kamu yang memang dikejar jadwal dan harus buru-buru, bisa pilih kursi bagian depan agar bisa masuk pesawat duluan, keluar pesawat juga lebih dekat dan cepat. Namun, biasanya lokasi tempat duduk ini harus dipesan khusus (reserved) dan harganya berbeda dengan posisi lainnya.

5. Bulkhead, kursi di belakang pembatas

Nah, kalau kamu menggunakan pesawat yang cukup besar dengan beberapa kelas penerbangan (misalnya kelas bisnis dan ekonomi), area pembatas antarkelas ini akan punya ruang yang sedikit lebih lebar ketimbang posisi tempat duduk lainnya. Biasanya posisi di dekat pembatas ini juga dekat dengan toilet. Pastinya kamu sangat beruntung kalau kamu bisa mendapatkan posisi tempat duduk tersebut, terutama untuk durasi penerbangan yang lama.

Jadi, buat kamu yang ingin nyaman saat duduk di pesawat, bisa pastikan pilih tempat duduk yang diinginkan saat melakukan pembelian online, ya. Tempat dudukmu juga masih bisa diubah saat check-in, tapi pastikan saja tidak perlu tambah biaya dengan memilih posisi khusus, ya…


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com