Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Hadapi Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh, Zenius Luncurkan Program ‘Zenius untuk Guru’

2,734
foto : istimewa

Jakartakita.com – Zenius, sebagai pelopor layanan belajar daring di Indonesia, kembali menunjukkan komitmen kuatnya dalam upaya pemberdayaan guru-guru di Indonesia, melalui program ‘Zenius untuk Guru’, sebuah program yang didedikasikan membantu para guru menjalankan perannya sebagai garda pendidikan di masa-masa sulit pandemic COVID-19.

Menurut Amanda Witdarmono, Chief of Teachers Initiatives Zenius Education, pihaknya mencoba memfasilitasi rekan-rekan guru, terutama yang berada di daerah, untuk dapat lebih fasih memanfaatkan teknologi dalam proses pengajaran (pedagogi) jarak jauh dan mencoba memberikan jalan keluar bagi mereka yang memiliki keterbatasan akses. 

“Oleh sebab itu, beberapa inisiatif telah kami lakukan dan kedepannya akan terus kami tingkatkan demi mewujudkan Indonesia Tetap Belajar,” kata Amanda melalui siaran pers, Sabtu (2/5/2020).

Dijelaskan, saat kebijakan pembelajaran jarak jauh dicanangkan pemerintah, Zenius dengan sigap membentuk forum komunitas guru, dalam Grup Facebook dan Telegram yang kini memiliki 390 orang anggota yang tersebar di seluruh Indonesia, meliputi; Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara, dan diharapkan terus bertambah. 

Ditambahkan, para guru dibebaskan bertanya, berbagi mengenai kesulitan yang mereka dapati, dan berdiskusi dengan tim Zenius.

Artikel Terkait
1 daripada 22

Platform ini juga memfasilitasi agar sesama guru dapat memberikan dukungan sosial-emosional satu sama lain, untuk menghadapi tekanan ekstra yang diberikan pada mereka untuk menyampaikan pembelajaran di saat krisis sambil tetap mendukung kebutuhan emosional siswa.

Selain itu, setiap minggunya, Zenius mengadakan sesi live sharing tanya jawab interaktif untuk guru melalui akun YouTube Zenius dan live chat. Akses untuk bergabung dalam komunitas guru ini bersifat terbuka dan gratis.

Sesi tersebut membahas berbagai hal termasuk pelatihan mendasar membuat materi, menyusun jadwal, dan panduan menggunakan platform Zenius, yang masih gratis akses dan kuota jika memakai provider Telkomsel, XL, Tri, dan IM3.

“Fleksibilitas menjadi kunci yang harus dimiliki guru pada masa sulit ini, baik dalam hal jadwal, batas waktu tugas, dan komunikasi dengan siswa. Di sinilah peran guru yang tidak dapat digantikan oleh teknologi. Apa yang disediakan guru bukan hanya transmisi materi pembelajaran, tetapi perhatian dan komunikasi dalam memfasilitasi kebutuhan siswa sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan, sambil tetap terus juga mengkomunikasikan keamanan dan kesehatan yang perlu dijaga selama masa pandemi ini,” tutur Amanda.

Lebih lanjut diungkapkan, selama kegiatan belajar jarak jauh ini, tantangan yang ada berkisar mengenai siswa yang tidak bisa konsentrasi dalam belajar dan saat ini cukup sulit melihat apakah siswa memahami topik-topik pembelajaran dari jarak jauh.

“Dalam program ‘Zenius untuk Guru’, kami berbagi solusi tentang bagaimana guru dapat mengelola pembelajaran, mulai dari waktu pembelajaran, metode komunikasi dengan siswa dan orang tua siswa, serta diskusi mengenai peluang lain yang bisa guru lakukan selama proses pembelajaran jarak jauh ini, seperti mendalami aspek keterampilan pada kurikulum. Masa ini dapat menjadi kesempatan untuk insan pendidikan Indonesia menjadi semakin terberdayakan, kreatif, dan inovatif. Kami berharap, bisa menjangkau lebih banyak lagi guru dan membantu meringankan beban mereka, sehingga mereka bisa fokus membantu siswa bisa belajar mandiri,” terang Amanda. (Rully)


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?
Powered by