Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

10 Tips Meningkatkan Penjualan Saat Gelaran Harbolnas 2020

1,108

Jakartakita.com – Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup berat bagi banyak orang. Pandemi corona yang berlangsung sejak bulan Maret kemarin telah menghambat pertumbuhan ekonomi dan menghantam berbagai sektor bisnis. Meski begitu, di akhir tahun ini ada gelaran Harbolnas 2020 yang bisa sedikit memulihkan penjualan bagi beragam bisnis online.

Harbolnas 2020 merupakan event promo belanja online yang rutin digelar setiap akhir tahun, tepatnya pada bulan Desember. Setiap tahun, Harbolnas diikuti oleh beragam e-commerce dan shop online di Indonesia. Pada gelaran tersebut, berbagai e-commerce dan shop online pun menawarkan diskon besar-besaran kepada para konsumennya secara serentak.

Sebagai informasi, Harbolnas merupakan festival belanja online terbesar dengan aneka promo menarik. Peningkatan penjualan online diperkirakan akan mencapai puncaknya pada ajang Harbolnas 2020. Bukan tanpa alasan, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi tingginya minat masyarakat dalam berbelanja di Harbolnas 2020:

  • Adanya kemungkinan besar konsumen berhemat sepanjang tahun demi berbelanja ketika Harbolnas.
  • Masa pandemi membatasi penjualan offline untuk mengurangi interaksi langsung.
  • Kemudahan, keamanan, dan kenyamanan berbelanja online sudah tidak diragukan lagi.
  • Adanya PSBB meningkatkan waktu luang untuk stand by mencari diskon saat Harbolnas.

Sebagai informasi, Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas pertama kali diselenggarakan di tanggal 12 Desember 2012. Saat digelar pertama kali di tahun 2012, Harbolnas ditujukan untuk membiasakan masyarakat dalam berbelanja online.

Dengan tajuk cantik promo 12.12.12, tercatat ada 7 e-commerce yang menawarkan aneka promo menarik di ajang Harbolnas perdana tersebut. Ketujuh e-commerce ini mengikuti Harbolnas untuk meningkatkan awareness akan budaya belanja online.

Konsep Harbolnas mirip dengan acara diskon besar-besaran tahunan yang dilakukan di sejumlah negara besar seperti AS, Kanada, Jerman, Inggris, dan Jepang. Contohnya di AS, ada Black Friday yang diadakan di hari Jumat ketiga bulan November, sehari setelah perayaan Thanksgiving.

Walaupun Thanksgiving merupakan budaya asal Amerika, namun saat Black Friday tiba, berbagai toko di Eropa pun turut memberikan promo besar-besaran. Setelah Black Friday, konsumen akan kembali dimanjakan oleh Cyber Monday yang menawarkan berbagai diskon produk yang dijual secara online. Cyber Monday biasanya diadakan pada hari Senin setelah Black Friday.

Dari tahun ke tahun, perkembangan Harbolnas semakin pesat dan diikuti oleh semakin banyak e-commerce dan shop online. Hingga pada 2019 lalu, Harbolnas telah diikuti oleh lebih dari 250 platform belanja online dan shop online. Tingginya animo masyarakat terhadap festival ini membuat Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA) turut mengawal pelaksanaan Harbolnas.

Perkembangan Harbolnas adalah bukti tingginya antusiasme belanja online dan peluang bisnis online di Indonesia. Terbukti pada Harbolnas 2019, jumlah transaksi mencapai 9,1 Triliun Rupiah (berdasarkan data result dari Nielsen). Hasil ini lebih tinggi 8,4% dibandingkan tahun sebelumnya (2018) dan melampaui prediksi dari IdEA yang targetnya sebesar 8 Triliun Rupiah.

Perlu diingat, mengikuti ajang Harbolnas bukan semata-mata agar dapat memberikan diskon besar kepada konsumen. Namun, ajang ini juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness.

Nah, untuk meningkatkan penjualan selama momen Harbolnas, ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Siapkan Stok Produk

Untuk mempersiapkan momen Harbolnas 2020, kamu harus memulainya menyiapkan stok produk yang akan didiskon. Kamu dapat memberikan diskon pada produk-produk tertentu, contohnya produk yang menjadi best seller, produk yang ingin dijual secara bundling, ataupun produk yang kurang laku sehingga dapat terjual lebih banyak.

Kemudian, kamu juga dapat menetapkan target atau estimasi berapa produk yang akan terjual selama Harbolnas 2020. Pasalnya, Harbolnas merupakan momen paling tepat untuk menjual produk atau layanan sebanyak-banyaknya.

Persiapan ini sangat penting karena Harbolnas merupakan momen tepat untuk mendistribusikan produk maupun layanan bisnis ke banyak orang sekaligus. Walaupun kemungkinan besar rasio keuntungan per item yang dijual tidak sebesar dari penjualan normal. Meski begitu, jangan khawatir, kamu tetap dapat meraih rasio keuntungan yang besar dari banyaknya item yang terjual.

2. Gunakan Marketplace

Jika kamu mempunyai brand toko online dan belum terlalu terkenal, marketplace akan membantu untuk mempromosikan brand toko online dan produk milikmu. Ini adalah tempat yang tepat untuk meningkatkan brand awareness. Dari akun yang dimiliki di marketplace, kamu bisa mengajak audiens atau customer mengunjungi situs web dan media sosial toko online milikmu.

Biasanya, marketplace memberikan diskon dan promo tertentu untuk calon pelangganmu. Dengan begitu, kamu tidak perlu memikirkan promo menarik untuk menarik perhatian calon pembeli lagi.

3. Bangun Awareness

Membangun awareness merupakan langkah penting dalam menjalankan strategi marketing. Sebelum membeli suatu barang, customer tentu harus mengenal terlebih dahulu mengenai brand toko online milikmu. Sehingga saat mereka membutuhkan produk yang kamu jual, brand toko online kamulah yang akan mereka pertimbangkan dan pilih untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Apalagi saat ini konsumen setiap harinya menghadapi begitu banyak konten dan melihat berbagai macam brand melalui smartphone mereka. Agar bisa dikenal, brand toko online harus bisa menangkap perhatian mereka.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan pelaku bisnis adalah mengalokasikan anggaran untuk iklan berbayar. Iklan ini sebaiknya direncanakan secara strategis agar bisa menjangkau konsumen yang tepat dan meningkatkan eksposur brand.

Contohnya, brand dapat beriklan pada banner halaman awal di platform marketplace sehingga informasi brand akan menjadi hal pertama yang dilihat konsumen saat mereka membuka platform tersebut. Selain beriklan pada pihak eksternal, kamu juga bisa meningkatkan awareness melalui secara internal misalnya dengan mengadakan diskon cuci gudang untuk menarik customer untuk melihat-lihat toko online milikmu.

Artikel Terkait
1 daripada 2,513

4. Meningkatkan Kualitas Gambar Produk

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan selama gelaran Harbolnas 2020 adalah dengan meningkatkan kualitas gambar produk di toko online milikmu. Jangan gunakan gambar atau foto dengan kualitas yang rendah sebab produk di toko online milikmu tidak bisa ditampilkan secara jelas.

Sebenarnya, menarik konsumen saat gelaran Harbolnas 2020 dapat diaplikasikan dengan mudah, salah satunya adalah dengan memberikan tampilan produk yang menarik di etalase toko online milikmu. Pastikan keunggulan-keunggulan produk di toko online milikmu ditampilkan dengan jelas. Tidak hanya gambar atau foto, pasang juga video produk-produk di toko online milikmu.

5. Kreasikan Strategi Unik Pada Masing-Masing Channel

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menjalankan tips ini. Pertama, setiap saluran penjualan memiliki kelompok konsumennya sendiri baik dari segi demografi maupun perilaku. Untuk bisa menjangkau konsumen-konsumen ini secara efektif, brand dapat memanfaatkan keragaman ini dengan menentukan strategi yang berbeda dan unik untuk tiap grup konsumen.

Contohnya, jika kebanyakan konsumen satu marketplace adalah perempuan, brand toko online milikmu bisa lebih fokus untuk memberikan promosi dan membagikan konten yang relevan bagi perempuan. Dengan cara ini, brand lebih bisa membangun hubungan yang baik dengan konsumen.

Kedua, buat juga strategi untuk meningkatkan analisis toko online. Saat menganalisis data, ada tiga aspek utama yang perlu diperhatikan yaitu lalu lintas (traffic), ukuran keranjang, dan tingkat konversi. Performa dari ketiga aspek ini bisa bervariasi dari waktu ke waktu tergantung pada faktor-faktor tertentu, tetapi brand toko online milikmu dapat mengalihkan fokus secara berkala pada aspek-aspek yang membutuhkan peningkatan.

Untuk mengatasi performa yang rendah, strategi seperti flash sale di seluruh toko berpotensi untuk memikat konsumen agar mengunjungi toko online milikmu dan berbelanja lebih banyak dari biasanya.

6. Manfaatkan Media Sosial

Tidak dapat dipungkiri, kekuatan media sosial saat ini sangatlah penting, terutama untuk mempromosikan produk. Menjelang promo Harbolnas 2020, media sosial sangat efektif digunakan sebagai media promosi bagi produk-produk yang dijual di toko online milikmu.

Meski begitu, agar promosi lebih efektif, kamu bisa mengunggah konten di waktu prime time. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan teknik beriklan melalui Instagram Ads atau Facebook Ads untuk memaksimalkan promo Harbolnas ketika berlangsung.

7. Tingkatkan Optimasi Website

Tips berikutnya untuk meningkatkan penjualan saat Harbolnas 2020 adalah dengan meningkatkan optimasi situs web atau toko online milikmu. Kamu sudah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kunjungan ke toko online milikmu. Oleh karena itu, kamu harus bisa memberikan fasilitas yang baik untuk customer.

Jangan sampai usaha kamu meningkatkan penjualan menjadi sia-sia karena web error saat dikunjungi akibat tidak sanggup menerima traffic yang tinggi. Jika audiens tidak bisa mengakses situs toko online milikmu dengan nyaman tentu mereka akan kesal dan bahkan tidak jadi berbelanja. Kesempatan untuk meningkatkan penjualanmu pun akan terbuang sia-sia.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu membuat konten yang berorientasi SEO. Dengan berfokus pada SEO, tingkat web kamu di mesin pencari akan lebih tinggi atau meningkat. Tentu saja ini bisa meningkatkan traffic menuju situs toko online milikmu.

8. Berikan Bonus-Bonus Kecil

Semua orang sudah pasti suka hadiah atau bonus. Oleh karena itu, selama program Harbolnas 2020 ini berlangsung, ada baiknya jika kamu juga memberikan bonus-bonus kecil untuk pembeli, seperti tumbler, tote bag, ataupun mug.

Jika perlu, kamu juga bisa menambahkan syarat minimal pembelian untuk mendapatkan bonus, tapi pastikan bonus yang kamu tawarkan juga berguna untuk para pelanggan ya.

9. Berkolaborasi dengan Brand Toko Online atau Produk Lain yang Lebih Populer

Produk yang paling banyak dicari konsumen terus berubah seiring berjalannya waktu. Namun, di saat suatu produk menjadi sangat populer, maka orang-orang akan secara otomatis tertarik untuk mencoba atau membelinya.

Karena itu itu, pelaku bisnis perlu mengetahui tren-tren terbaru dan terbuka untuk berkolaborasi dengan brand toko online lain yang banyak dikenal oleh konsumen. Kolaborasi demikian tidak hanya dapat membantu brand toko online milikmu memperluas target pasar mereka, tetapi juga memberikan nilai tambah pada brand itu sendiri.

Terutama di masa pandemi seperti ini dimana kesehatan menjadi begitu penting, brand toko online milikmu dapat mempertimbangkan untuk berkolaborasi dengan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini tanpa perlu mengubah arah bisnis.

10. Pajang Testimoni dari Pelanggan

Terakhir, kamu juga bisa menampilkan testimoni dari pelanggan di website toko online milikmu. Hal ini efektif untuk menghilangkan keraguan dari para calon pembeli. Sampai saat ini, masih banyak calon pembeli yang enggan berbelanja online karena takut kualitas produk atau layanan yang buruk.

Dengan menampilkan testimoni dari para pelanggan lainnya, calon pembeli akan lebih percaya pada website toko online milikmu.


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?