Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ajak Masyarakat Lestarikan Alam, Samawe Adventure Siap Gelar Pendakian 30 Gunung di Indonesia

4,486
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Komunitas Samawe Adventure akan menggelar aksi petualangan mendaki 30 gunung di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Ekspedisi ini rencananya akan berjalan satu tahun, mulai tanggal 26 Mei 2021 hingga bulan Mei tahun 2022 mendatang.

Awe selaku pendaki utama Samawe Adventure menjelaskan, aksi ini dilakukan sebagai bentuk kecintaan pada keindahan gunung-gunung di Indonesia, kepedulian terhadap adat masyarakat yang ditemui pada setiap pendakian dan keinginan untuk membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata.

“Tujuan Samawe Adventure adalah mengajak semua masyarakat ikut melestarikan alam karena dasarnya adalah alam yang harus kita urus, bagaimana caranya kita bersinergi dengan alam dan menikmati alam dan juga dari sector pariwisatanya untuk meningkatkan taraf ekonomi kita sendiri, tapi tidak dengan merusak. Gunung yang perlu dijaga habitatnya termasuk daerah aliran sungai, jangan sampai malah merusak ekosistem. Mudah-mudahan dari  aksi ini semua menjadi faham, ohhh, ini loh Indonesia yang digaungkan banyak orang memiliki kekayaan alam dan budayanya,” beber Awe saat ditemui Jakartakita.com di Kantor Deteksi Prodution di Jakarta, Kamis (18/3).

Artikel Terkait
1 daripada 24

Ditambahkan, dalam kegiatan Samawe Adventure, pihaknya akan mendokumentasikan video visual objek dan medokumentasikan secara lengkap, detail dan riil dari sudut pandang adat istiadat, upacaranya, hasil panennya, dan permainannya seperti apa.

“Kami mengusahakan output dari kegiatan ini adalah membukukan secara detail dan informatif, yang semua akan tertulis dalam buku. Secara informatif, kami juga mengajak melestarikan alam karena alam yang bisa menghidupi kita,” jelas Awe lebih lanjut.

Di kesempatan yang sama, Anna Lusiana Saragih selaku Pemerhati Gunung dari Kabupaten Temanggung mengungkapkan, bahwa dirinya akan mendukung penuh acara kegiatan Samawe Adventure 30 Summit di seluruh Indonesia karena memang sekarang lagi digalakkan di sektor pariwisata.

“Nah, kebetulan di Kabupaten Temanggung ada Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, Ini bagus banget untuk informasi/masukan buat kawan-kawan dari luar, karena selama ini kota Temanggung mungkin belum terkenal di masyarakat. Dengan adanya Samawe Adventure yang akan menuju kesana, insya allah Kabupaten Temanggung menjadi terkenal, pariwisatanya menjadi luar biasa. Makanya, alhamdulillah ada acara semacam ini. Saya akan  mendukung dan menjembatani pemerintah daerah agar men-support kegiatan ini,” terangnya.

Adapun kegiatan Samawe Adventure akan mengawali pendakian pada tanggal 26 Mei 2021 dari Bekasi menuju Gunung Leuser, Aceh sebagai pendakian pertama.

Ada tiga etape yang dilalui. Etape 1 mulai dari Sumatera, etape 2 mulai dari Jawa, Bali, Lombok dan Nusa Tenggara dan etape 3 mulai dari Kalimantan, Sulawesi, Ambon dan Papua. (Edi Triyono)


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?