Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Cara Cek PBB Online Jakarta Melalui Aplikasi / Situs

0 2,142

Tiket Pesawat Murah Airy

Jakartakita.com – Cek PBB online Jakarta di masa pandemi seperti sekarang tentu mempermudah Anda, supaya tidak perlu berkumpul di tengah kerumunan. Supaya lebih mudah, Anda bisa mengecek tagihan PBB secara online melalui aplikasi atau situs  dengan cara berikut.

  1. Buka Aplikasi / Situs

Perlu diketahui bersama, pembayaran PBB ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi diri sendiri maupun negara. Dana pajak yang dibayarkan ini nantinya bisa digunakan untuk penyediaan dan pengembangan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan keamanan.

Selain itu, dana Pajak Bumi dan Bangunan juga bisa menjadi biaya pengadaan infrastruktur dan alat untuk menstabilkan perekonomian negara. Tidak hanya infrastruktur, jumlah dan kualitas dari kendaraan umum serta harga barang dan jasa juga dipengaruhi oleh dana pajak.

Pertama-tama, silahkan akses aplikasi atau situs  yang telah dipilih melalui smartphone maupun PC. Cara ini sangat mudah, karena tinggal memasukkan alamat webnya saja.

  1. Pilih Menu Tagihan

Setelah mengakses aplikasi / situs yang telah dipilih, nanti akan muncul tampilan berAnda dengan berbagai pilihan menu. Silahkan pilih menu tagihan yang tertera pada tampilan berAnda pada aplikasi / situs  tersebut.

  1. Masukan NOP dan SPPT

Proses cek PBB online Jakarta selanjutnya, silahkan masukan Nomor Objek Pajak (NOP) PBB yang Anda miliki. Nomor objek pajak disesuaikan dengan dokumen dari properti yang dimiliki, sehingga sangat penting dalam pengecekan dan pembayaran PBB.

  1. Masukan Nama Kota / Kabupaten

Setelah itu, pada tampilan menu PBB, akan tampil kolom Kota / Kabupaten. Pada kolom tersebut, silahkan pilih atau cantumkan PBB Kota / Kabupaten yang sesuai dengan daerah tempat tinggal Anda.

Artikel Terkait
1 daripada 86
  1. Klik “Cek Tagihan”

Jika sudah mengisi atau memilih nama Kota / Kabupaten yang sesuai, selanjutnya akan ada opsi “Cek Tagihan”. Silahkan klik opsi tersebut untuk bisa mengecek tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang harus dibayarkan.

  1. Pilih Opsi “Bayar”

Tahap selanjutnya, pada tampilan layar perangkat Anda akan muncul informasi lengkap terkait rincian dari tagihan PBB pada SPPT terkait. Pilih opsi “Bayar” untuk melunasi tagihan dari Pajak Bumi dan Bangunan tersebut secara online.

  1. Tentukan Metode Pembayaran

Untuk tahap selanjutnya setelah cek PBB online Jakarta dan menyetujui proses pembayaran tagihan PBB, silahkan pilih metode pembayarannya. Pada tampilan layar perangkat pada proses ini, akan dimunculkan berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih sesuai keinginan.

  1. Proses Pembayaran

Apabila jenis metode pembayaran untuk tagihan PBB sudah dipilih, maka Anda bisa melanjutkan proses pembayaran tagihan. Nantinya, Anda diminta untuk membayar tagihan PBB sesuai dengan nominal yang tertera secara otomatis, sehingga nominal tersebut dijamin valid.

  1. Kembali ke Menu Utama

Jika proses pembayaran tagihan Pajak Bumi dan Bangunan sudah selesai, maka Anda sudah bisa kembali ke menu utama. Cara mengecek dan membayar tagihan PBB online memang sangat mudah dan cepat, sehingga Anda tidak perlu mengorbankan waktu kerja.

Jika ingin mendapatkan layanan dan fasilitas yang memadai dengan harga yang terjangkau, maka sebaiknya masyarakat lebih taat pajak. Dana Pajak Bumi dan Bangunan berasal dari rakyat dan akan kembali untuk rakyat dalam bentuk layanan dan fasilitas umum.

Demikian informasi terkait cara cek PBB online Jakarta dan pembayarannya yang bisa dilakukan melalui aplikasi / situs. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk lebih mudah dalam memenuhi kewajiban membayar Pajak Bumi dan Bangunan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?