Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Punya Wi-Fi Cepat, Stasiun Bogor Pecahkan Rekor MURI

0 3,072

Tiket Pesawat Murah Airy

foto : dok. Surge

Jakartakita.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI, operator Kereta Api di Indonesia, Pemerintah Kota Bogor dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk atau Surge berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia – Dunia (MURI) lewat layanan internet WiFi gratis yang dihadirkan di Stasiun Bogor.

Memiliki kapasitas sebesar 2000 Mbps, kecepatan internet di Stasiun Bogor digadang-gadang setara dengan stasiun kelas dunia lainnya.

Penerimaan rekor MURI sebagai stasiun kereta pertama dengan kecepatan tertinggi di dunia ini, menjadi penegasan komitmen PT KAI, Pemerintah Kota Bogor, dan Surge dalam menghadirkan kenyamanan dan pelayanan bagi masyarakat melalui penyediaan konektivitas yang berkualitas untuk menunjang kegiatan keseharian yang kini lekat sekali dengan kebutuhan internet. 

Sebelumnya, internet WiFi gratis di Stasiun Bogor telah hadir sejak tahun 2018 dengan kecepatan 100 Mbps.

Melalui layanan Free WiFi AdaKita, internet WiFi gratis yang disediakan meningkat kecepatannya hingga dua puluh (20) kali lipat, seiring dengan beroperasinya jaringan serat optik dari Weave (anak usaha Surge), yang berada di sepanjang jalur Kereta Api Pulau Jawa.

AdaKita adalah aplikasi mobile multifungsi dari Surge yang salah satu kegunaannya dapat digunakan masyarakat untuk mengakses layanan internet WiFi gratis yang disediakan di berbagai ruang publik, termasuk di stasiun Commuter Line Jabodetabek.

Penghargaan rekor MURI ini menjadi pengakuan keandalan konektivitas berkualitas yang dihadirkan Surge di pelosok Pulau Jawa lewat jaringan serat optik Weave.

Selain itu, layanan ini mendorong peluang PT KAI bersaing secara global dengan berbagai stasiun kelas dunia yang menyediakan internet WiFi berkapasitas besar dan gratis. 

Artikel Terkait
1 daripada 11

“Bersama PT KAI, kami turut bangga bahwa inovasi layanan Free WiFi AdaKita mendapatkan apresiasi dan antusiasme yang tinggi hingga mampu meraih rekor MURI. Layanan internet WiFi gratis bersama PT KAI ini merupakan bagian dari misi Surge untuk mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat lewat konektivitas digital yang berkualitas. Dengan dukungan Pemerintah Kota Bogor, layanan internet WiFi gratis dengan kecepatan tinggi tidak hanya dapat dinikmati bagi pengguna kereta di Stasiun Bogor, namun juga oleh masyarakat di wilayah sekitar stasiun termasuk Alun-Alun Kota Bogor. Nantinya Surge dapat berkontribusi dalam membangun dan meningkatkan ekonomi digital di Bogor dan Pulau Jawa. Kedepan, kami terus mendorong kehadiran Free Wifi AdaKita di berbagai ruang publik, agar dampak sosial konektivitas ini dapat dinikmati lebih banyak masyarakat,” jelas Direktur Pengembangan Bisnis Surge, Martha Rebecca dalam keterangan pers, Kamis (31/3).

Asal tahu saja, seiring dengan kondisi pemulihan ekonomi pasca pandemi, terjadi peningkatan pengguna harian layanan KRL.

Data dari PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI), yang merupakan anak usaha PT KAI, mencatat pengguna harian layanan KRL Commuterline Jabodetabek mencapai hampir 140.000 orang pada awal bulan Maret 2022, dengan Stasiun Bogor menjadi stasiun yang memiliki aktivitas terpadat dengan pengguna lebih dari 11 ribu orang. 

Plt. Vice President Non Transport Commercialization PT Kereta Api Indonesia (Persero), Krisna Arianto turut menjelaskan, “PT KAI turut menyambut dengan bangga penghargaan yang diberikan MURI kepada Stasiun Bogor sebagai stasiun kereta di Indonesia yang menyediakan layanan internet WiFi gratis dengan kecepatan kelas dunia. Kerjasama yang telah terjalin dengan Surge merupakan bentuk sinergi yang kuat antara pihak BUMN dan swasta sesuai keahlian masing-masing untuk mendukung misi pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan internet secara merata di Indonesia. Ke depan, masyarakat di daerah sekitar fasilitas PT KAI  dapat mengakses internet WiFi gratis dengan mudah, nyaman, dan terjangkau sehingga kebutuhan akan aksesibilitas internet WiFi dapat terpenuhi dan berdampak positif pada berbagai aspek dan aktivitas keseharian.” 

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Bogor, Bima Arya turut menyampaikan apresiasinya terhadap penerimaan rekor MURI pada layanan internet gratis kelas dunia di Stasiun Bogor.

“Mewakili warga Bogor, kami berterima kasih dan bangga dengan predikat yang diraih stasiun kereta bersejarah kebanggaan kita. Inovasi yang dihadirkan oleh pihak PT KAI dan Surge dalam meningkatkan kualitas layanan internet di Stasiun Bogor beserta Alun-alun Kota Bogor ini sejalan dengan misi Pemerintah Kota Bogor untuk mendorong percepatan transformasi ekonomi digital di segala lini kehidupan. Area Stasiun Bogor yang terintegrasi Alun-alun Bogor dengan internet berkapasitas tinggi merupakan perpaduan perwujudan heritage city, green city, dan smart city yang merefleksikan semangat Bogor Berlari. Ke depan, layanan internet wifi gratis #BogorBerlari akan diperkuat juga di berbagai ruang publik. Harapannya lewat layanan internet gratis berkecepatan tinggi ini dapat membangkitkan percepatan pembangunan ekosistem digital Kota Bogor,” jelasnya.

Adapun Rekor MURI diserahkan secara langsung oleh Direktur Operasional MURI – Jusuf Ngadri dalam acara peresmian rekor MURI bagi Stasiun Bogor sebagai stasiun kereta api di Indonesia yang memiliki internet WiFi gratis tercepat. 

“Kami ucapkan selamat atas pencapaian PT KAI sebagai penerima utama dan Pemerintah Kota Bogor beserta Surge sebagai institusi pendukung yang berhasil memecahkan rekor dalam berinovasi melayani masyarakat melalui layanan internet WiFi gratis berkapasitas tinggi hingga 2000 Mbps di salah satu stasiun tertua dan pelopor stasiun yang dilewati oleh kereta listrik yakni Stasiun Bogor. Kehadiran internet WiFi gratis melalui Free WiFi AdaKita dengan kecepatan yang bahkan mencapai ratusan kali lipat kecepatan internet rata-rata perumahan ini mendorong MURI untuk memberikan apresiasi. Penghargaan ini kami harapkan dapat membuka jalan untuk lebih banyak fasilitas internet WiFi gratis cepat berkapasitas kelas dunia di berbagai ruang publik sehingga masyarakat dapat merasakan dampak positif dari transformasi digital,” jelas Direktur Operasional MURI – Jusuf Ngadri.

Untuk dapat menggunakan Free Wifi AdaKita di Stasiun Bogor maupun tempat lainnya, masyarakat cukup mengunduh aplikasi AdaKita di Playstore maupun Appstore.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?