Take a fresh look at your lifestyle.

Arab Saudi Luncurkan Nusuk, Platform Digital Terintegrasi untuk Memfasilitasi Perjalanan Naik Haji/Umrah 

0 3,297
foto : istimewa

Jakartakita.com – Kementerian Haji dan Umrah baru-baru ini mengumumkan peluncuran Nusuk (nusuk.sa), platform digital terintegrasi Saudi resmi yang menawarkan gerbang perencanaan yang mudah digunakan oleh semua pilgrim serta jemaah untuk perjalanan mereka ke Makkah dan Madinah.

Platform elektronik ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman umat Muslim yang mengunjungi Kerajaan Arab Saudi dari seluruh dunia dan memfasilitasi prosedur kedatangan bagi para jemaah untuk melakukan Umrah.

Melansir siaran pers, Selasa (11/10) disebutkan, Nusuk adalah sebuah prakarsa dari Program Pengalaman Pilgrim Vision 2030.

Nusuk menyediakan informasi dan beragam layanan bagi pilgrim dan jemaah, yang memungkinkan mereka melakukan Ritual Umrah dengan mudah serta nyaman.

Organisasi ini juga akan menaikkan kualitas layanan yang disediakan serta memperkaya pengalaman religius dan budaya para jemaah, untuk mencapai tujuan yang diinginkan dari Saudi Vision 2030.

Nusuk diluncurkan dalam kerja sama dan kemitraannya dengan Otoritas Pariwisata Saudi untuk menyediakan layanan lengkap di seluruh ekosistem kunjungan Saudi termasuk pemfasilitasan visa, izin, proses pemesanan, serta prosedur.

Related Posts
1 daripada 3,215

Nusuk juga menawarkan berbagai paket dan program untuk meningkatkan serta memperkaya pengalaman umat Muslim yang mengunjungi Makkah dan Madinah.

Pada tahap selanjutnya, layanan tambahan akan mencakup peta interaktif, kalender penawaran dan kegiatan, informasi dan layanan perawatan kesehatan, serta panduan digital untuk semua pedoman kebijakan yang disediakan dalam beberapa bahasa.

Nusuk juga menawarkan kesempatan bagi sektor swasta, yang memungkinkan penyedia layanan menawarkan layanan mereka secara elektronik kepada pilgrim dan jemaah. Platform Maqam akan terus mendukung perencanaan Program Perjalanan Umrah sampai layanannya dipindahkan ke Nusuk pada tahap berikutnya.

Yang Mulia, Menteri Haji dan Umrah, Ketua Komite untuk Program Pengalaman Pilgrim, Dr. Tawfiq Al-Rabiah, menjelaskan, bahwa Nusuk merupakan kelanjutan dari upaya untuk menyempurnakan mutu layanan yang diberikan kepada pilgrim dengan menggunakan teknologi terbaru.

Selain itu, Nusuk, dalam hubungannya dengan beberapa lembaga pemerintah, akan bekerja untuk memfasilitasi kemudahan prosedur dan memungkinkan pilgrim serta jemaah dapat menikmati perjalanan spiritual mereka dengan mudah dan nyaman.

Sementara itu, Yang Mulia Menteri Pariwisata, Ketua Dewan Direksi Otoritas Pariwisata Saudi, Ahmed Al Khateeb membahas pentingnya Nusuk di bawah payung Program Pengalaman Pilgrim, dan perannya dalam kerangka kerja serta integrasi antara Otoritas dan Kementerian Haji dan Umrah.

“Ini merupakan langkah utama dalam mencapai tujuan Vision 2030 Saudi dengan memfasilitasi proses Umrah dan memberikan layanan terbaik bagi segenap umat Muslim,” terangnya.

Tinggalkan komen