Take a fresh look at your lifestyle.

5 Langkah Cerdas Memproteksi Rumah dan Bangunan dari Kebakaran

0 1,460

Jakartakita.com – Tak ada yang pernah mengharapkan bencana kebakaran menimpa diri atau menghancurkan aset yang dimiliki. Tapi ketika peristiwa tersebut tak terhindarkan, dengan alasan yang kerap tak terduga, seharusnya kita sudah bersiap dengan sejumlah perangkat perlindungan. Dengan cara ini, setidaknya Anda bisa meminimalisasi kerugian harta, serta bisa mencegah kebakaran makan korban jiwa.

Saking pentingnya, pemasangan perangkat proteksi kebakaran ditetapkan sebagai hal wajib di berbagai wilayah. Agenda konstruksi bangunan baru, maupun renovasi bangunan lama saat ini juga didorong agar berkolaborasi dengan kontraktor proteksi kebakaran. Kewajiban untuk pemasangan sistem perlindungan dari kebakaran menjadi sebuah keharusan, terutama untuk berbagai pusat bisnis, gudang yang rentan terbakar, hingga bangunan yang dibuat untuk fasilitas publik.

Langkah Cerdas Memproteksi Rumah dan Bangunan dari Kebakaran

Sebaiknya pemasangan sistem proteksi kebakaran tidak selalu karena terpaksa. Hak itu karena takut melanggar aturan. Upaya melindungi rumah dan bangunan seharusnya menjadi prioritas dan kewajaran, demi keselamatan diri dan orang-orang yang Anda sayangi, bukan? Lantas apa saja yang bisa Anda lakukan untuk melindungi aset properti apapun dari ancaman kebakaran? Mari simak uraian berikut ini untuk jawaban selengkapnya.

Menyediakan Rute Emergency

Kebakaran yang datang tak terduga seharusnya tidak membuat orang di dalam gedung terjebak. Karena itulah, setiap bangunan, apalagi yang memiliki ruangan yang kompleks dan bertingkat, seharusnya dilengkapi rute khusus emergency atau jalur darurat. Tak selesai sampai di sana, semua penghuni gedung sudah harus dibekali pengetahuan tentang cara menggunakan jalur khusus tersebut secara efektif.

Seiring dengan keberadaan jalur emergency di setiap bangunan, penting pula untuk memberikan pelatihan agar semua penghuni gedung bisa tanggap terhadap bahaya kebakaran. Setiap kantor harus membekali karyawannya untuk tidak panik ketika tanda-tanda kebakaran muncul. Sebaliknya, mereka harus segera mengakses rute emergency tanpa panik, sehingga kebakaran tidak menimbulkan korban jiwa.

Tidak Merokok atau Menyulut Api Sembarangan

Upayakan untuk tidak merokok di dalam ruangan, apalagi jika Anda sedang berada di bangunan yang berisi barang-barang yang mudah terbakar. Jika pun harus menyulut api, upayakan dilakukan dengan hati-hati dan dalam pengawasan. Merokok seharusnya dilakukan di luar ruangan, atau ruang khusus merokok, sehingga tidak mengganggu orang lain serta tidak berpotensi menyulut api.

Ketika sedang menyalakan kompor atau microwave, sebaiknya Anda tetap berada di sekitar alat tersebut agar tidak lupa mematikannya setelah selesai digunakan. Hal yang sama berlaku untuk perangkat listrik. Ketika Anda ingin meninggalkan ruangan atau bangunan, pastikan semua alat tidak terhubung dengan listrik. Selain akan menghemat penggunaan listrik, memutus semua sambungan ketika ingin keluar rumah sangat berguna untuk mencegah kebakaran.

Related Posts
1 daripada 5,718

Sedia Selimut Api di Setiap Rumah

Setiap rumah idealnya dilengkapi dengan selimut tahan api. Perangkat semacam ini sangat berguna untuk memadamkan sumber api kecil, agar tidak membesar dan menyebabkan kebakaran besar. Jika kobaran api lebih besar dari pada ukuran selimut, maka alat ini bisa diandalkan untuk melindungi diri agar tidak terkena api ketika ingin menyelamatkan diri.  

Untuk rumah tinggal, dapur merupakan area yang rentan menjadi sumber kebakaran. Penggunaan kompor untuk memasak harus disertai dengan kewaspadaan. Anda sebaiknya tidak menyalakan kompor di dekat barang-barang yang mudah terbakar. Ini termasuk tidak boleh menimbun sampah yang mudah terbakar di area dapur karena akan meningkatkan risiko kebakaran.

Pabrik fiberglass di China menyediakan selimut api dengan berbagai ukuran. Silakan menjalin kerja sama dengan supplier terbaik ketika ingin membeli perangkat proteksi kebakaran dalam jumlah banyak, sehingga bisa mendapatkan harga yang paling terjangkau. Pembelian secara eceran juga sangat memungkinkan dengan menghubungi distributor terdekat.

Pasang Alarm Kebakaran

Anda bisa bekerja sama dengan kontraktor proteksi kebakaran, untuk memasang alarm yang paling sesuai dengan lokasi, karakteristik dan ukuran bangunan. Berdasarkan detektornya, alarm kebakaran terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya smoke detector, heat detector, flame detector, gas detector serta beam detector.

Mengantongi Nomor Kontak Pemadam Kebakaran

Perangkat proteksi kebakaran seperti selimut api dan alarm kebakaran memang sangat efektif untuk mendeteksi api lebih dini, sehingga mencegah api berkobar besar. Tapi ketika kebakaran besar tak terhindarkan, Anda seharusnya bisa segera menghubungi petugas pemadam kebakaran terdekat. Jadi, pastikan Anda memiliki kontak ke petugas kebakaran sehingga bisa meminta bantuan secepatnya.

Dengan begitu, kobaran api bisa segera dipadamkan dan kerugian materi bisa diminimalisasi. Yang terpenting, kebakaran seharusnya tidak menimbulkan korban jiwa ketika ditangani dengan sigap dan tanpa panik.

Pada intinya, semua orang seharusnya sadar akan pentingnya sistem proteksi kebakaran di setiap bangunan, terutama yang menyangkut dengan pusat bisnis dan fasilitas publik. Pastikan Anda bekerja sama dengan kontraktor proteksi kebakaran terbaik, yakni mereka yang sudah berpengalaman dan reputasinya bagus dalam melayani klien. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan alarm kebakaran terbaik akan sangat besar, dengan harga yang tetap terjangkau.

Tinggalkan komen