Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Dia Cara Bayar Zakat Fitrah Secara Mudah

0 1,396

Jakartakita.com – Membayar zakat fitrah merupakan salah satu keharusan bagi umat muslim. Jadi, jika anda merupakan orang yang beragama Islam, diharuskan untuk membayar zakat fitrah dalam setahun sekali. Lebih tepatnya ketika bulan suci Ramadan. Ibadah membayar zakat fitrah dapat anda lakukan dengan cara memberi makanan pokok ataupun uang tunai. Untuk di indonesia, anda dapat memilih ingin memberi makanan pokok yang artinya beras atau uang tunai agar semakin mudah untuk melaksanakan kewajiban yang satu ini.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa lembaga pengelola dan juga penyalur zakat fitrah yang dapat anda percaya. Anda juga pada nantinya dapat menunaikan ibadah membayar zakat fitrah dengan memberikan kepercayaan anda kepada sejumlah lembaga pengelola dan dan juga penyalur zakat fitrah yang dapat anda percaya berikut ini.

  1. Baznas

Baznas atau Badan Amil Zakat adalah sebuah lebaga resmi yang dimiliki oleh pemerintah indonesia yang mengemban tugas untuk mengumpulkan dan juga menyalurkan zakat, infaq, serta sedekah (ZIS). Kehadiran lembaga yang satu ini di Indonesia sudah dapat anda temukan sedari lama. Lembaga tersebut juga dapat menerima pembayaran zakat fitrah dengan cara online dan juga sudah melakukan kerja sama dengan beberapa e-commerce yang sudah terpercaya di Indonesia untuk menyalurkan dana zakat fitrah yang terhimpun. Lembaga yang berada di bawah naungan Kementrian Agama Republik Indonesia tersebut juga telah memiliki jangkauan yang sangat luas dan juga suda mendapat kepercayaan dari banyak orang.

  • Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa merupakan salah satu platform online yang menyuguhkan layanan untuk melakukan pembayaran zakat. Lembaga yang satu ini juga udah lama terbentuk, lebih tepatnya pada tanggal 3 Juli 1993. Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang memiliki fokus dalam melakukan pemberdayaan terhadap kaum dhuafa. Memiliki jangkauan yang luas dan juga sudah banyak orang yang memperoleh bantuan. Maka tidak heran jika dalam hal menyalurkan zakat fitrah ke pihak pihak yang memerlukan sudah dilakukan, sehingga tugas yang diemban oleh lembaga yang satu ini pun dapat diselesaikan dengan baik.

Related Posts
1 daripada 5,344
  • Rumah Zakat

Sama seperti namanya, lembaga yang satu ini memiliki tugas untuk menyalurkan zakat ke pihak pihak yang memerlukan. Rumah Zakat adalah badan filantropi yang memiliki tujuan untuk mengelola zakat, sedekah, infak, dan juga berbagai macam dana sosial yang lainnya dengan berbagai program pemberdayan masyarakat.

  • Blibli.com

Di era modern seperti sekarang ini, anda juga sudah dapat membayar zakat fitrah dengan cara online. Prosesnya tida sulit, anda dapat menunaikan ibadah tersebut dengan cara memilih lembaga atau badan resmi dan terpercaya yang menyalurkan zakat. Anda dapat memperoleh manfaat dari kesempatan tersebut agar anda tidak merasa ribet untuk membayarkan zakat fitrah, terlebih hingga tidak lupa. Hal seperti itu juga akan cocok bagi anda yang memiliki aktivitas super padat. Jadi, pembayaran zakat fitrah pun akan diselsaikan dalam waktu beberapa menit saja.

Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dibayarkan oleh setiap umat muslim, baik pria dan juga wanita yang secara rutin ditunaikan pada bulan suci Ramadan menjelang hari raya lebaran Idul Fitri. Zakat fitrah tersebut wajib ditunaikan sebanyak 2,5 kg beras yang merupakan makanan pokok di Indonesia.

Anda dapat juga menunaikan dalam bentuk uang tunai yang setara dengan bobot beras tersebut. Jadi, anda juga dapat melakukan penyesuaian nominal dengan harga beras yang layak dan juga bahan yang menjadi makanan pokok.

Tinggalkan komen