Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tanaman Obat di Sekitar Kita

34

Jakartakita.com : Di dunia ada sekitar 40 ribu spesies tanaman, dari jumlah itu 30 ribu ternyata ada di Indonesia. Sedangkan yang berpotensi bisa menjadi obat ada 9.000 jenis tanaman. Namun sampai saat ini, tanaman yang digunakan untuk pengobatan tradisional ada 400 tanaman.

Tanaman obat bersifat alami dan hampir tidak memiliki efek samping seperti pada  obat-obatan kimia modern. Nenek moyang bangsa Indonesia telah mewariskan kemampuan untuk menggunakan dan meramu tanaman-tanaman berkhasiat tersebut menjadi obat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah sejumlah tanaman obat yang mudah dijumpai di sekitar kita beserta khasiatnya:

  • Jambu biji. Rasa sepat pada daun jambu biji karena adanya kandungan tanin yang bermanfaat untuk bisa memperlancar sistem pencernaan dan sirkulasi darah, serta untuk menghambat pertumbuhan bakteri E-Colli penyebab diare. Selain itu, jambu biji juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol & hipertensi, mengobati Demam berdarah, Diare, Maag, Disentri, dan penguat jantung.
  • Kunyit. Kandungan aktif curcumin yang terdapat dalam kunyit berkhasiat mencegah dan mengobati luka lambung. Parut kunyit dan minum sarinya untuk obat sakit mag. Campuran kunyit dan asam juga berkhasiat meredakan sakit perut saat menstruasi.
  • Lengkuas/Laos. Kandungan minyak atsiri dalam laos/lengkuas berfungsi untuk membantu memperlancar sirkulasi darah dan proses pengeluaran sisa metabolisme termasuk kolesterol dalam tubuh yang dianggap berlebihan. Laos/lengkuas biasa direbus bersama daun salam kemudian diminum untuk mengobati hipertensi dan diabetes. Laos dan lengkuas juga dapat digunakan sebagai obat gosok pada panu-kadas-kurap.
  • Jeruk nipis. Campuran jeruk nipis dan kecap biasa digunakan untuk meredakan batuk. Sedangkan campuran jeruk nipis dan madu biasa digunakan sebagai masker untuk wajah berjerawat.
  • Bawang putih. Selain berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, serta menghancurkan penggumpalan darah. Parutan bawang putih yang dicampur dengan garam berkhasiat untuk mengobati sakit gigi bila ditempelkan di gigi yang sakit, karena senyawa sulfidanya ampuh membunuh kuman gigi. Bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat gosok pada panu-kadas-kurap.
  • Daun sirih. Daun sirih sangat terkenal karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, yaitu dari mimisan (keluar darah dari hidung) sampai dengan diare dan sakit gigi.
  • Air kelapa muda. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa membuatnya bisa digunakan sebagai pengganti infus dalam dunia medis. Selain  itu air kelapa muda juga berkhasiat untuk mengurangi dehidrasi, pertolongan pertama pada keracunan, mengurangi mual, meningkatkan sistem imun, dan lain-lain.
  • Jahe. Selain dapat mengurangi gejala masuk angin, jahe juga dapat membunuh sel kanker dengan dua jalan, yaitu proses penghancuran yang dinamakan apoptosis dan autophagy, proses pemakanan sel.

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: