Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tak Hanya Pantai, 3 Destinasi di Mataram Ini Cocok untuk Kunjungan Bersama Keluarga

1,954
foto : travelmurahlombok.com

Jakartakita.com – Berada di Pulau Lombok, Kota Mataram lebih dikenal sebagai destinasi yang cocok untuk pasangan karena keromantisannya.

Padahal, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga cocok untuk destinasi bersama keluarga.

Tempat wisata di Mataram pun tidak melulu pantai atau sebatas wisata alam saja. Kota ini punya banyak keceriaan lain yang bisa Anda nikmati bersama kerabat di sudut-sudutnya yang lain.

Tidak percaya? Kunjungi saja empat tempat wisata keluarga di Lombok Mataram berikut ini!

Taman Narmada

Sisa-sisa kebudayaan dari masa lampau—tepatnya dari masa kerajaan—masih cukup kental ada di Mataram. Meski kini sebagian besar penduduknya telah menganut agama Islam, tetapi dahulu, Hindu menjadi agama yang paling besar pengaruhnya di dalam masyarakat.

Salah satu peninggalan nyatanya adalah Taman Narmada. Lokasinya sekitar 10 km dari pusat kota, tepatnya di Jalan Raya Narmada, Lembuak, Kabupaten Lombok Barat. Di atas lahan seluas 2 hektare ini, Anak Agung Ngurah Karang Asem yang kala itu menjabat sebagai Raja Mataram Lombok membangun tempat upacara sekaligus peristirahatan keluarga ini pada tahun 1727 M.

Bukan tanpa alasan sang raja membangun Taman Narmada. Menurut sejarah, Raja yang sudah berusia senja tidak mampu lagi jika harus mendaki Rinjani untuk berdoa. Maka dari itu, dia membuat replika Gunung Rinjani lengkap dengan Danau Segara Anak di kompleks ini.

Cafless Waterpark

Hanya karena dikelilingi oleh pantai-pantai eksotis, bukan berarti Mataram tidak mempunya tempat rekreasi dengan konsep taman air. Di Jalan Raya Gunungsari yang berjarak sekitar 4 km dari pusat kota, Anda akan mendapati Cafless Waterpark.

Taman air untuk keluarga ini dibuka pada tahun 2010 yang lalu, dengan inspirasi nuansa alam pegunungan yang cantik. Konsep yang diusung objek wisata yang berada di jalur wisata strategis ini pun terasa begitu alami. Kolam outdoor dengan air yang segar ini pun dikelilingi oleh taman hijau yang sangat apik dan tertata begitu rapi.

Anak-anak bisa berenang sembari bermain dengan seru di Cafless Waterpark. Destinasi rekreasi keluarga ini memiliki waterslide alias seluncuran air dengan ketinggian 15 meter yang cukup mendebarkan sekaligus mengasyikkan.

Beberapa wahana yang menjadi favorit pengunjung adalah Boomerang, Blue Hold, dan Extreme Waterslide. Di samping itu, tempat ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, tempat parkir yang luas, restoran, dan gazebo.

Lombok Elephant Park

Inilah kebun binatang pertama di Pulau Lombok. Destinasi liburan yang baru dibuka pada Mei 2017 silam ini memang tidak terlalu dekat dari pusat kota, sekitar 25 km. Meski begitu, akses untuk mencapainya cukup mudah dengan jalanan yang sudah beraspal. Alamatnya berada di Jalan Raya Tanjung Km 5, Sigar Penjalin, Kabupaten Lombok Utara.

Luas lahan Lombok Elephant Park alias LEP kurang lebih adalah 4 hektare. Di tengah suasana yang sengaja dibuat rimbun ala wilayah tropis, ada empat ekor gajah yang sengaja didatangkan langsung dari Way Kambas, Lampung.

Sebagai pendukung, ada pula beragam fauna lainnya. Sebut saja beberapa primata seperti orang utan, siamang, dan bekantan, kuda nil, beruang madu, buaya, dan puluhan jenis burung eksotis seperti merak, kakaktua raja, jambul kuning, dan lain-lain.

Sesekali, Anda juga bisa mencuri foto di berbagai spot di LEP. Pasalnya, ada banyak spot keren yang juga instagrammable. Suasananya yang sejuk pun akan membuat Anda dan keluarga tidak terlalu mengeluhkan panas meski matahari di Mataram cenderung cukup terik.

Seru, kan? Siapa bilang di Mataram hanya harus mengunjungi satu pantai ke pantai lainnya?

Adapun untu urusan akomodasi di kota ini juga tidak melulu mahal, kok. Di Airy Rooms, ada banyak pilihan hotel murah di Mataram yang pas untuk Anda dan keluarga. Dengan kelengkapan dan kenyamanan fasilitas di setiap kamar, acara rekreasi bersama keluarga pun jadi semakin menyenangkan.

Yuk, kunjungi Mataram bersama keluarga dengan hemat dan menyenangkan bersama Airy Rooms!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: