Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

MP-ASI yang Tepat Atasi Anemia

146

solid food babyJakartakita.com :Anemia atau kekurangan zat besi bisa juga dialami oleh bayi. Jika pada 6 bulan pertama bayi hanya mendapatkan asupan zat besi dari ASI. Maka setelah 6 bulan, bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI).

Pemberian MP-ASI yang tidak memperhatikan nutrisi gizi terutama yang mengandung zat besi biasanya menjadi penyebab anemia, sehingga kebutuhan zat besi harian 8-10 miligram tidak terpenuhi. Penyebab lainnya bisa karena konsumsi susu sapi yang berlebihan.  Hal ini terjadi pada bayi yang hanya diberikan bubur susu, biskuit susu dan susu formula/ASI.

Atasi anemia pada bayi  dengan pemberian MP-ASI yang mengandung banyak zat besi, seperti: daging merah, hati, buah apricot kering, jus prune, kacang polong, kacang merah, saus tomat, jahe, dan sayuran hijau. Namun, batasi pemberian sayuran hijau dalam jumlah berlebihan, karena kandungan seratnya yang tinggi dapat menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh. Selain itu bisa ditambahkan suplemen penambah darah khusus bayi hingga usia 2 tahun, Sangobion Baby. (Risma)


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: