Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tips Praktis Atasi Rambut Berketombe

237
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Rambut adalah mahkota bagi wanita maupun laki-laki. Namun sangat sayang rasanya jika mahkota kita yang indah itu harus ternodai oleh ketombe. Dari dulu hingga sekarang masalah ketombe masih saja menjadi momok menakutkan yang dapat mengganggu penampilan.

Hingga kini penyebab datangnya ketombe masih diperdebatkan oleh para ahli. Ada yang menyebutkan ketombe adalah akibat peradangan di kulit karena adanya gangguan kelenjar minyak.Ada pula yang mengatakan ketombe muncul karena jamur P.Ovale berkembang biak secara berlebihan di kulit kepala kita.

Ketombe bisa menyebabkan kulit kepala Anda kering dengan serpihan putih yang berminyak ataupun sebaliknya. Kulit kepala Anda jadi berminyak dan bersisik. Jumlah ketombe di kepala pun ternyata bisa dikendalikan oleh diri kita sendiri. Karena pada dasarnya pemicu munculnya ketombe bisa dari bermacam-macam hal. Diantaranya akibat stres, letih, malas keramas, terlalu banyak menggunakan produk rambut dan rambut Anda terlalu sering dicatok, blow,dikeringkan atau diwarnai.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi ketombe yang mudah dengan menggunakan berbagai bahan unik yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Mau tahu caranya?

Simak tips praktis Johnny Andrean untuk mengatasi rambut berketombe:

Baking soda. Basahkan rambut, kemudian oleskan baking sode secukupnya pada rambut dan kulit kepala. Usap dengan lembut sambil sesekali dipijat. Diamkan sejenak, bilas dengan air tanpa menggunakan shampo. Baking soda dapat dimanfaatkan sebagai pengganti shampo loh. Namun, sebaiknya baking soda tidak digunakan terus-menerus karena bisa membuat rambut kering. Hanya gunakan saat berketombe.

Moutwash atau obat kumur. Cuci rambut dengan menggunakan shampo. Bilas dengan air, gunakan cairan mouthwash pada bilasan terakhir.

Aspirin. Obat pereda sakit kepala ini ternyata juga bisa digunakan saat darurat ketombe. Caranya, cukup haluskan 2 aspirin, kemudian campur dengan shampo. Gunakan saat keramas, diamkan selama 2 menit kemudian bilas hingga bersih.

Ramuan jeruk nipis, nanas dan santan. Campurkan ketiga bahan masing-masing 100 ml. Kemudian gunakan untuk membasuh kepala sambil dipijat-pijat. Lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu. Niscaya ketombe akan lenyap, rambut pun jadi sehat dan berkilau.

Sari daun pandan. Tumbuk daun pandan sampai halus. Campur dengan segelas air. Oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil diberikan pijatan ringan. Diamkan selama 15 menit agar meresap. Lakukan secara rutin.

Nah, mudah bukan?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: