Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Tahun 2016, Ada 3 SIM C yang Berlaku

641

surat izin mengemudi - simJakartakita.com – Mulai tahun 2016, ada 3 SIM C yang berlaku di Indonesia, yaitu C, C1 dan C2. SIM C berlaku untuk sepeda motor berkapasitas mesin di bawah 250 cc, C1 250 cc sampai 500 cc, sedangkan C2 khusus di atas 500 cc. Itu berarti SIM C tidak lagi berlaku umum untuk seluruh jenis sepeda motor yang ada di pasar.

Sebagai informasi, pembagian golongan pada Surat Izin Mengemudi (SIM) C sesuai dengan kapasitas mesin motor yang dikendarai ini sudah dilakukan di negara-negara maju.

Rencananya pemberlakuan tiga jenis SIM C ini diimplementasikan paling lambat April 2016. Setelah peraturan ini berlaku, maka pengendara sepeda motor yang belum memiliki SIM akan diuji berdasarkan motor yang dimiliki. Bahkan, biaya masing-masing kategori SIM-nya juga akan berbeda.

Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Analis Kebijakan Madya Bidang Dikmas Korlantas Polri, menjelaskan, peraturan tersebut sampai saat ini masih dalam tahap pengkajian. Pihak Korlantas Polri masih  menyiapkan infrastruktur, sarana, serta prasarananya.


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?