Take a fresh look at your lifestyle.

Konsumsi Ikan Tuna Saat Hamil Bisa Dongkrak IQ Anak?

0 980

hamilJakartakita.com – Saat hamil, para calon ibu harus memperhatikan asupan makanannya. Karena apa yang dikonsumsi ibu hamil akan berdampak besar bagi kesehatan dan kecerdasan si jabang bayi.

Dalam sebuah studi baru terhadap wanita hamil seperti dilansir dari laman Time,  mengkonsumsi ikan tuna saat hamil dapat mengurangi resiko autisme pada anak

Studi observasional itu didanai pemerintah Spanyol dan diterbitkan di American Journal of Epidemiology. Mereka meneliti kurang lebih 2.000 ibu hamil di seluruh Spanyol. Selama kehamilan, wanita-wanita itu melaporkan asupan ikan lewat kuesioner makanan yang mengkategorikan asupan berdasarkan jenis ikan.

Sebagian besar wanita mengonsumsi ikan selama kehamilan. Jumlah rata-rata yang dimakan tiga sajian seminggu. Selama kelahiran, darah dari tali pusar wanita diukur kadar merkuri, zat kontaminan yang ada hubungannya dengan dampak racun ke saraf. Selain itu juga diukur DHA dan asam lemak omega tiga.

Related Posts
1 daripada 362

Setelah kelahiran, anak-anak wanita tersebut diukur berdasarkan skala perkembangan otak dan skala pengukuran gejala indikasi kelainan spektrum autistik. Kedua uji itu dilakukan ketika anak berusia 14 bulan dan lima tahun.

Makan lebih banyak ikan ternyata berdampak peningkatan skor kognitif dan penurunan gejala spektrum autistik pada anak. Makan 600 gram ikan per minggu, sekitar tiga sampai empat sajian ternyata berhubungan dengan peningkatan 2,8 poin skor IQ.

Cukup mengejutkan, ternyata dampak perlindungan dan kecerdasan otak itu berasal dari ikan seperti tuna yang paling kaya akan DHA dan merkuri dari segala jenis ikan.

Namun, sayangnya penelitian itu tidak mengungkap apa bahaya kandungan merkuri tinggi yang terdapat pada ikan tuna tersebut pada perkembangan saraf anak.

Tinggalkan komen