Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Makan Pisang Sekulit-Kulitnya Ternyata Berkhasiat

0 661

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa
Artikel Terkait
1 daripada 4

Jakartakita.com – Orang biasanya hanya memakan isi buah pisang yang berwarna putih kekuningan saja. Sedangkan kulit pisang akan berakhir di tempat sampah. Padahal kulit pisang itu aman dikonsumsi dan berkhasiat untuk kesahatan lho.

Dilansir dari PureWow,  kulit pisang memiliki kandungan potassiumyang bermanfaat untuk menyeimbangkan elektrolit dan perkembangan sel-sel dalam tubuh. Selain itu, kulit pisang juga mengandung magnesium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh, kemudian serat dan vitamin juga kaya dikandung kulit pisang.

Berdasarkan artikel ilmiah tahun 2011 dalam Applied Biochemistry and Biotechnology yang dilansir dari Reader Digest, dikatakan bahwa dalam kulit pisang mengandung antioksidan seperti karotenoid dan polifenol. Senyawa ini dikenal baik untuk cegah diabetes, serangan jantung dan kanker.

Kulit pisang yang biasa dikonsumsi adalah dari pisang yang sudah matang karena pisang mentah memiliki kulit yang tebak, keras, berserat dan pahit. Sebelum menyantapnya, Anda harus memastikan pisang berasal dari yang organik karena bebas dari pestisida adalah hal utama yang harus diperhatikan.

Tak enak memang jika dikonsumsi langsung, namun jika dimasukkan ke dalam smoothie bisa enak. Cuci sampai bersih terlebih dahulu lalu blender bersama buah lain.

Di India, sudah lumrah untuk mengonsumsi kulit pisang. Kulit pisang direbus kemudian dicincang lalu dimasukkan ke dalam masakan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More