Take a fresh look at your lifestyle.

Bus Scania Bakal Jadi Bus Primadona Ibukota

0 894

 

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyambut baik penawaran bus Scania asal Swedia. Ahok mengatakan Scania merupakan merek bus yang hampir dipakai di seluruh dunia, sehingga ia merasa penggunaan bus tersebut tidak akan mengecewakan karena dibuat dengan standar tinggi.

“Nah, inilah yang kami yakin. Bus-bus seperti ini yang akan menggantikan seluruh sistem transportasi bus di Jakarta,” ujar Ahok setelah melihat bus Scania yang ditawarkan langsung oleh CEO-nya, Henrik Henrikssoon, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (11/3).

Related Posts
1 daripada 1,389

Dengan adanya bus Scania, Ahok ingin Jakarta menjadi kota yang lebih ramah disabilitas. Ahok berharap dengan ketersediaan bus ramah disabilitas ini bisa memudahkan masyarakat disabilitas saat hendak berpergian.

“Sekarang kalian sadar nggak? Bbetapa banyak orang penyandang disabilitas, itu enggak bisa keluar dari rumah, kenapa? Karena dia ekonomi menengah ke bawah, dikit-dikit mesti naik taksi, dijemput. Tidak bisa naik bus karena fasilitas kita enggak menuhin. Dia juga enggak bisa nongkrong ke taman-taman umum karena toiletnya pun enggak bisa masuk kursi roda,” ujar Ahok.

Meski pun begitu, Ahok membantah ingin mematikan usaha pengusaha angkutan umum lainnya. Menurut dia, pengoperasian bus baru di rute-rute non busway ini lebih bertujuan mengajak pengusaha angkutan untuk mau bergabung dengan PT Transjakarta yang akan memberikan jaminan pengusaha tidak perlu lagi meminta sopirnya mengejar setoran.

Karena rencananya, sistem dari Pemprov DKI adalah membayar mereka dengan sistem rupiah per kilometer. Dengan cara ini, nantinya sopir-sopir juga akan menerima gaji bulanan. (Agivonia Vidyandini)

Tinggalkan komen