Take a fresh look at your lifestyle.

Asuransi Astra Gelar Serangkaian Kegiatan Literasi, Edukasi, dan Inklusi Keuangan di Enam Kota

0 2,502
foto : dok. Asuransi Astra
foto : dok. Asuransi Astra

Jakartakita.com – Sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan inklusi keuangan yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asuransi Astra mengadakan rangkaian kegiatan Literasi, Edukasi, dan Inklusi Keuangan di enam kota, yakni di Bandung, Jambi, Pekanbaru, Bogor, Makassar, dan Cirebon.

Rangkaian kegiatan di enam kota tersebut, dilakukan sepanjang bulan Oktober 2016, yang dimulai dari Kota Bandung pada tanggal 18 Oktober, bertepatan dengan Hari Asuransi Nasional.

OJK dan Asuransi Astra percaya bahwa kegiatan literasi, edukasi, dan inklusi keuangan yang dilakukan secara berkelanjutan tersebut, dapat membawa masyarakat pada taraf kesejahteraan yang lebih baik melalui perencanaan dan pengelolaan keuangan efektif.

“Dibutuhkan peran serta berbagai pihak untuk dapat meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai tata cara perencanaan dan pengelolaan keuangan yang efektif, sebagai salah satu pelaku industri asuransi umum tentunya kami tidak dapat tinggal diam. Meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat melalui kegiatan literasi, edukasi, dan inklusi keuangan memang membutuhkan proses yang panjang, tapi bukan sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi seluruh pihak yang terlibat,” papar SVP Corporate Secretary Asuransi Astra, Eddy Ismanto, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Rabu (19/10/2016).

Related Posts
1 daripada 6,413

Asal tahu saja, pada tahun 2013, hasil survei nasional literasi keuangan OJK menunjukkan bahwa 39.8% masyarakat Indonesia tidak akrab sama sekali dengan literasi keuangan untuk produk asuransi. Padahal, pemahaman mengenai asuransi merupakan hal yang cukup penting mengingat asuransi merupakan salah satu cara efektif untuk merencanakan dan mengelola keuangan.

foto : dok. Asuransi Astra
foto : dok. Asuransi Astra

Kondisi ini tentunya menjadi salah satu perhatian OJK sehubungan dengan fungsinya sebagai lembaga yang diberi wewenang pemerintah untuk mengatur, mengawasi, dan melindungi industri keuangan yang sehat.

Adapun Asuransi Astra mengadakan kegiatan literasi, edukasi, dan inklusi keuangan dengan menyasar ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan masyarakat di sekitar kantor cabang Asuransi Astra sebagai peserta utama.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh perwakilan pemerintah daerah setempat ini, Asuransi Astra memberikan materi mengenai tata cara pengelolaan dan perencanaan keuangan yang seimbang dan efektif. Materi ini diberikan oleh Asuransi Astra secara interaktif dengan memberikan contoh pola keseimbangan pengelolaan uang melalui manajemen pemasukan dan pengeluaran yang baik.

Selain itu, pada kegiatan ini, OJK juga menghadirkan Si Mobil Literasi Keuangan (Si MoLeK), mobil yang dilengkapi dengan berbagai fitur terkait edukasi keuangan antara lain mengenai produk, layanan dan lembaga jasa keuangan, serta fasilitas financial health check  untuk mengetahui kondisi atau status keuangan seseorang atau keluarga.

 

Tinggalkan komen