Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jaring Talenta Perupa Muda, UOB Indonesia Gelar Kompetisi UOB Painting of the Year 2019

2,728

Jakartakita.com – Dalam upaya menjaring talenta perupa muda di Indonesia, PT Bank UOB Indonesia meluncurkan kompetisi UOB Painting of the Year (POY) 2019.

Menyambut digelarnya kompetisi ini, UOB Indonesia menggelar sesi diskusi yang ditujukan untuk menginspirasi perupa muda Indonesia yang sedang mengembangkan karir di bidang seni.

Kegiatan yang digelar di Museum Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (17/5), turut dihadiri oleh komunitas dan mahasiswa seni.

Turut hadir, Ketua Dewan Juri UOB POY 2019, Agung Hujatnikajennong; Pemenang Southeast Asian Painting of the Year 2018, Suvi Wahyudianto; Seniman Kontemporer, Arahmaiani; dan Kurator Seni, Alia Swastika berbagi wawasan tentang perkembangan industri seni di Indonesia.

Mereka juga memberikan pandangan tentang bagaimana kompetisi seni memberikan kesempatan bagi para perupa untuk menunjukkan bakat sekaligus memajukan karir mereka.

Sementara itu, Economic Research Head UOB Indonesia, Enrico Tanuwidjaja dan Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF), Joshua Simanjutak, juga turut berbagi pengetahuan tentang kontribusi industri seni terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Artikel Terkait
1 daripada 3

Dalam sambutannya, Kevin Lam, Presiden Direktur UOB Indonesia mengatakan, bahwa melalui kegiatan ini, pihaknya berharap generasi perupa muda akan terinspirasi dari pengalaman yang mereka dapatkan dari para praktisi yang aktif berkontribusi dalam komunitas seni di Indonesia. 

“Melalui dukungan para pemenang penghargaan dan pakar industri dalam berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka, kami berharap, perupa muda akan terinspirasi untuk terus tumbuh dan berkembang dalam berkreasi. Program UOB POY juga diharapkan dapat mendorong generasi perupa berikutnya dengan memberikan ruang untuk mengekspresikan perspektif baru mereka dan memainkan peran penting dalam kemajuan industri seni di Indonesia. Tentunya, hal ini diharapkan dapat memperkaya dan memperkuat ikatan dengan masyarakat yang merupakan inti dari komitmen jangka panjang UOB untuk mendukung komunitas dimana kami beroperasi,” kata Kevin. 

Untuk mengikuti kompetisi ini, penyelenggara telah membuka pendaftaran untuk kategori seniman Profesional dan Pendatang Baru hingga tanggal 31 Agustus 2019.

Pemenang UOB POY Indonesia akan diumumkan pada acara penganugerahan pemenang pada tanggal 17 Oktober 2019.

Adapun karya seni dari 50 finalis teratas akan dipamerkan di Museum Nasional Indonesia mulai tanggal 17 Oktober hingga 31 Oktober 2019.

Pemenang akan menerima hadiah uang tunai sebesar Rp250 juta dan mendapatkan kesempatan bersaing dengan pemenang lain, dari; Malaysia, Singapura dan Thailand untuk meraih penghargaan UOB Southeast Asian Painting of the Year dengan hadiah uang tunai sebesar US$35 ribu.

Selain itu, pemenang UOB POY dari Indonesia, Singapura, Malaysia dan Thailand akan mengikuti seleksi program residensi selama satu bulan di Fukuoka Asian Art Museum, Jepang. (Fahrul Anwar)


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com