Take a fresh look at your lifestyle.

Desainer Merdi Sihombing Rilis Buku Kedua, Ulas Soal ‘Mode Berkelanjutan’

0 8,849
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Merdi Sihombing, desainer yang juga pendiri Eco Fashion meluncurkan buku keduanya, berjudul ‘A Breakthrough to Sustainable Fashion’ (Jendela Menuju Mode Berkelanjutan) di acara pembukaan Green Sarinah X Eco Fashion Indonesia yang digelar di Sarinah – Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (05/12).

“Bukunya tentang jendela menuju mode berkelanjutan melalui pewarnaan alam yang ada di Indonesia,” jelas Merdi.

Menurutnya, pewarnaan yang diambil dari alam akan dipatenkan secara indikasi geografis.

“Pewarnaan alam ini didapat dari daerah terpencil. Hasilnya nanti kita daftarkan untuk dipatenkan secara indikasi geografis. Karena warna ini menggunakan tumbuhan endemis yang tidak ada di tempat lain,” ujar Merdi.

Related Posts
1 daripada 4,855

Di acara peluncuran buku keduanya ini, Merdi juga menggandeng Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonsia (Kemendes PDTT) yang sangat konsen dengan produk eco fesyen yang dihasilkan oleh desa-desa tertinggal untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya dengan terus memberikan pelatihan menggunakan sumber alam dan sumber daya yang ada, tetapi tetap menjaga keberlanjutan lingkungan.

Dalam sambutannya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmingrasi, Abdul Halim Iskandar mengungkapkan, bahwa pihaknya mempunyai tugas mengangkat perekonomian desa yang tertinggal.

“Adapun program Eco Fesyen Indonesia membantu mewujudkan hal tersebut melalui pembinaan kepada masyarakat di desa tertinggal. Produk-produk hasil binaan desa tertinggal tersebut dipresentasikan di Sarinah, yang terkenal sebagai wadah UKM, sehingga masyarakat Indonesia juga dapat membantu meningkatkan taraf ekonomi desa tertinggal dengan cara membeli produk mereka,” ucap Abdul.

Sementara itu, PT Sarinah (Persero) melalui Sarinah The Window of Indonesia bekerjasama dengan Eco Fashion Indonesia menggelar kegiatan Green Sarinah X Eco Fashion Indonesia yang bertajuk ‘Sustainable Green’.

Kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga lingkungan demi keberlanjutan ekosistem.

Adapun peluncuran buku karya Merdi ini termasuk dalam rangkaian program ‘Green Sarinah x Eco Fashion Indonesia’ yang digelar selama tiga hari, tanggal 5 – 7 Desember yang diisi dengan workshop, talk show eco fesyen, talkshow makanan vegetarian dan fashion show eco fesyen, serta tidak ketinggalan bazaar produk UKM eco fesyen.  (Edi Triyono)

Tinggalkan komen