Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Freebees.id Ajak Masyarakat Menjadi ‘Smart Consumer’

0 3,468

Tiket Pesawat Murah Airy

foto : istimewa

Jakartakita.com – Kemudahan dan luasnya ragam pilihan produk yang tersedia di marketplace seperti e-commerce dan platform online lainnya membuat belanja online semakin diminati konsumen Indonesia.

Mengutip data dari Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, disebutkan bahwa nilai transaksi belanja online e-commerce masyarakat Indonesia mampu mencapai USD 32 miliar dan diprediksi akan meningkat hingga USD 124 miliar di tahun 2025 nanti.

Selaras dengan data tersebut, laporan “Digital Buyer Penetration in Indonesia from 2017 to 2025” dari Statista.com, juga menyebutkan bahwa penetrasi e-commerce akan meningkat secara signifikan hingga mencapai 77% populasi masyarakat Indonesia di tahun 2025. 

Menyikapi hal tersebut, Retno Kumala Dewi selaku Business Director Freebees.id mengungkapkan, bahwa tingginya transaksi belanja online memiliki dampak positif baik bagi konsumen dan juga ekonomi Indonesia, namun diakuinya, kesadaran masyarakat akan praktik smart buying masih rendah.

“Konsumen Indonesia telah dimanjakan oleh banyaknya pilihan ragam jenis produk yang tersedia di pasar. Namun seringkali konsumen dihadapkan dilema memilih produk mana yang terbaik untuk mereka. Disitu, wawasan informasi produk, seperti ulasan dan testimoni organik dari konsumen menjadi aset berharga calon konsumen untuk menentukan keputusan pembelian. Dalam hal ini, Freebees.id menjadi platform wadah berkumpulnya konsumen membangun satu komunitas yang membantu konsumen lain mengurangi spekulasi, sehingga mendorong masyarakat menjadi smart consumer dengan membeli produk sesuai keinginan dan kebutuhan mereka,” ujar Retno dalam keterangan pers, Jumat (04/6).

Artikel Terkait
1 daripada 74

Menurutnya, daya beli masyarakat yang semakin kuat harus diimbangi dengan literasi konsumen yang baik agar menghindari perilaku konsumtif.

“Literasi konsumen dapat menyeimbangkan keinginan konsumen dengan pengetahuan dan informasi yang tersedia agar konsumen dapat memilih produk yang tepat bagi mereka. Oleh sebab itu, Freebees.id menghadirkan platform yang mengajak masyarakat umum menjadi anggota komunitas konsumen, untuk mencoba produk secara gratis dan memberikan ulasan atas produk tersebut. Komunitas konsumen Freebees.id akan membantu calon konsumen mengambil keputusan pembelian tepat di tengah luasnya pilihan produk yang tersedia di pasar dan semakin mendorong masyarakat Indonesia kian menjadi smart consumer,” beber Retno.

Lebih lanjut diungkapkan, seluruh pengguna berusia minimal 17 tahun dapat mendaftarkan diri untuk segera mencoba produk secara cuma-cuma.

Produk akan dikirimkan Freebees.id kepada pengguna dengan timbal balik ulasan, penilaian, dan komentar.

Selain mencoba produk, Freebees.id juga memiliki program focus group discussion atau survey mengenai produk tertentu yang diberikan kepada pengguna dengan demografi sesuai fungsi produk tersebut. Melalui program focus group discussion atau survey, pengguna dapat menerima insentif berupa voucher atau dana atas partisipasi mereka.

Saat ini, Freebees.id telah memiliki 100 ribu anggota yang kian aktif mencoba produk dan berpartisipasi membangun wawasan informasi produk hingga membantu masyarakat luas menjadi smart consumer.

Semakin banyaknya anggota yang terdaftar dan memberikan ulasan, maka semakin luas sumber informasi masyarakat sebagai acuan pengambilan keputusan pembelian.  (Edi Triyono)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More