Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Survei : Kepuasan & Loyalitas Pelanggan Indodana Meningkat di Kuartal II 2022

999

Tiket Pesawat Murah Airy

foto : istimewa

Jakartakita.com – Indodana, platform PayLater dari PT Artha Dana Teknologi yang didirikan sejak November 2017, mengklaim bahwa fitur layanan Indodana PayLater atau Layanan Buy Now Pay Later (BNPL), atau lebih dikenal dengan Beli Sekarang Bayar Belakangan, semakin digemari masyarakat.

Disebutkan bahwa, Indodana PayLater telah dipercaya sebagai metode pembayaran pilihan favorit masyarakat untuk berbelanja dengan cicilan tanpa kartu kredit, berdasarkan survei NPS (Net Promoter Score).

“Indodana PayLater mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis, memberi kemudahan untuk dapat membeli barang yang dibutuhkan dan diinginkan dengan opsi cicilan fleksibel hingga 12 bulan. Ini adalah pertanda yang sangat positif, banyak pelanggan yang menyukai, puas, dan loyal dengan produk dan layanan kami. Lebih dari 62% dari pengguna Indodana dengan senang hati merekomendasikan Indodana kepada keluarga, teman, atau orang lain sebagai solusi pembayaran fleksibel dengan cicilan hingga 12 bulan,” ungkap Direktur Indodana, Jerry Anson seperti dilansir dalam siaran pers, Rabu (06/7).

Lebih lanjut disebutkan, Indodana terus berkomitmen untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyelenggarakan Survei NPS (Net Promoter Score) atau Survei Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Periode Kuartal II-2022 pada bulan Juni 2022 dengan melibatkan 9.703 responden yang tersebar di lebih dari 8 kota besar di Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, Yogyakarta, dan kota lainnya. 

Survei ini menggunakan NPS sebagai metode pengukuran untuk menggambarkan kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap produk dan layanan Indodana. Skala angka NPS adalah dari -100 hingga 100.

Menurut survei NPS yang dilakukan oleh Bain & Company, nilai rata-rata NPS untuk industri perbankan di Indonesia adalah 23.4 dengan yang tertinggi adalah 55 dan yang terendah adalah -5.

Hasil survei NPS menunjukkan Indodana pada kuartal II-2022 ini meraih skor 48. Nilai NPS Indodana PayLater lebih dari dua kali lipat lebih tinggi dari nilai NPS rata-rata dari survei yang dilakukan oleh Bain & Company.

Lebih lanjut diungkapkan, Indodana dengan produk dan layanan Indodana PayLater cukup populer di kalangan anak muda.

Hal ini bisa terlihat dari data pengguna Indodana yang mayoritas berusia 25-29 tahun sebanyak 28% responden.

Sebanyak 21% pengguna berada pada rentang umur 30-34 tahun dan usia di bawah 25 tahun sebanyak 17% responden.

Artikel Terkait
1 daripada 15

Berdasarkan jenis kelaminnya, pengguna Indodana hampir berimbang antara laki-laki dan perempuan. Responden laki-laki sebanyak 53% dan 47% merupakan kaum perempuan. 

Indodana juga telah menjangkau banyak pengguna yang tinggal di berbagai kota di Indonesia.

Terdapat 10 kota yang mencatatkan masifnya penggunaan produk dan layanan Indodana. DKI Jakarta mendominasi dengan 31% dari total responden berasal dari DKI Jakarta.

Sementara untuk profesi pengguna Indodana, 65% responden bekerja sebagai karyawan swasta dan wiraswasta 19% responden. 

Dengan memanfaatkan teknologi AI dan big data, Indodana PayLater menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses pembiayaan digital berkonsep BNPL secara cepat dan aman.

Sebanyak 52% responden mengaku menggunakan Indodana PayLater karena proses yang mudah dan cepat, adanya fitur cicilan, promo menarik, serta dapat digunakan untuk belanja kebutuhan mendesak. 

“Lebih dari separuh responden merasakan bahwa menggunakan Indodana PayLater sangat mudah dan prosesnya cepat. Hal ini menunjukkan bahwa kami selalu berupaya memahami bagaimana memudahkan para pengguna untuk belanja apapun tanpa perlu membayar terlebih dahulu. Ke depan, Indodana akan lebih meningkatkan layanan, edukasi, dan jangkauan agar semua orang bisa mengakses dan menggunakan Indodana PayLater,” ujar Jerry. 

Menariknya, lanjut Jerry, dalam survei teranyar ini juga ditemukan sebanyak 60% responden pengguna Indodana paling menyukai promo cicilan 0%.

Inilah yang menjadi keuntungan Indodana PayLater, belanja hemat setiap saat dengan cicilan 0% di ribuan merchant online dan offline rekanan Indodana.

Oleh karena itu, selama Pekan Raya Jakarta yang berlangsung hingga 17 Juli 2022 di JIExpo Kemayoran, Indodana PayLater menawarkan promo Cicilan 0% dengan berbelanja di banyak merchant rekanan Indodana yang hadir di PRJ, seperti Blibli Tukar Tambah, Samsung, OPPO, Vivo, Erafone, Advance, dan masih banyak lagi. 

“Indodana bersyukur dan berterima kasih atas penilaian dan kepercayaan pelanggan atau masyarakat. Pencapaian ini membuat kami terus terpacu untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat Indonesia. Kami akan terus melakukan inovasi dan terobosan baru untuk memberi nilai tambah bagi pengguna dan merchants. Seperti promo cicilan 0% yang bisa dinikmati oleh pengguna Indodana yang berbelanja di merchant rekanan kami di Pekan Raya Jakarta hingga 17 Juli 2022 dalam rangka HUT DKI Jakarta,” pungkas Jerry. 

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More