Take a fresh look at your lifestyle.

Perempat Final Piala Dunia 2022: Argentina Atasi Belanda Lewat Adu Penalti

0 1,772

Jakartakita.com – Argentina mengatasi Belanda dengan skor 4-3 dalam babak adu penalti penentu hasil pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Sebelumnya kedua tim bermain imbang dengan skor 2-2 di waktu normal dan babak tambahan.

Nahuel Molina membawa Argentina unggul pada menit ke-35 melalui gol yang dicetak lewat sontekan kaki kanan menuntaskan umpan terobosan Lionel Messi.

Messi kemudian menggandakan keunggulan tim Tango pada menit ke-73 melalui eksekusi penalti. Penalti diperoleh usai Marcos Acuna dilanggar Denzel Dumfries di kotak penalti Belanda.

Tambahan satu gol membuat Messi menyamai torehan gol terbanyak pemain Argentina di ajang Piala Dunia yang dipegang Gabriel Batistuta dengan 10 gol.

De Oranje memperkecil ketertinggalan pada menit ke-83 lewat gol yang dicetak Wout Weghorst melalui sundulan memanfaatkan umpan silang Steven Berghuis dari sayap kanan.

Gol penyama kedudukan diciptakan Weghorst pada menit tambahan ke-11 babak kedua dengan sontekan kaki kiri memaksimalkan tendangan bebas Teun Koopmeiners.

Di babak tambahan, tak ada gol yang tercipta sehingga adu penalti dilakukan. Virgil van Dijk maju sebagai eksekutor penalti pertama Belanda, tendangannya dapat ditangkis kiper Argentina Emiliano Martinez.

Related Posts
1 daripada 7,082

Messi sebagai eksekutor penalti pertama dapat melakukan tugasnya dengan baik, sedangkan sepakan Steven Berghuis sebagai eksekutor kedua Belanda ditepis Martinez.

Penendang penalti kedua dan ketiga Argentina, Leandro Paredes dan Gonzalo Montiel, maupun eksekutor ketiga dan keempat Belanda, Koopmeiners dan Weghorst, dapat menjalankan tugas dengan baik.

Penendang penalti keempat Argentina, Enzo Fernandez, gagal menyarangkan bola ke dalam gawang. Tendangannya hanya membuat bola meluncur ke sisi kanan gawang.

Luuk de Jong sebagai eksekutor kelima Belanda menyarangkan bola ke gawang dengan sepakan kaki kanan. Lautaro Martinez sebagai eksekutor kelima Argentina menyarangkan bola ke pojok kanan gawang dengan tendangan kaki kanan.

Keberhasilan Martinez mengeksekusi penalti memastikan Argentina menang dengan skor 4-3 dalam babak tos-tosan dan selanjutnya bertemu Kroasia di babak semi final Piala Dunia 2022.

Denzel Dumfries yang berkonfrontasi dengan staf kepelatihan Argentina seusai adu penalti berlangsung menerima kartu merah dari kartu kuning kedua.

Susunan Pemain

Belanda: Noppert; Van Dijk, Ake, Timber (kk 43’); Frenkie de Jong, De Roon (Koopmeiners 45’), Gakpo (Lang 113’(kk 120’)), Blind (Luuk de Jong 64’), Dumfries (kk 120’, 120’, km 120’); Depay (kk 76’)(Weghorst 45’+2’(kk 45’+2’)), Bergwijn (kk 90’+13’)(Berghuis 45’(kk 88’))

Argentina: Emiliano Martinez; Otamendi (kk 90’+11’), Lisandro Martinez (kk 76’)(Di Maria 112’), Romero (kk 45’)(Pezzella 78’(kk 112’)), Acuna (kk 43’)(Tagliafico 78’), Molina (Montiel 105’(kk 109’)); Fernandez, Mac Allister, De Paul (Paredes 66’(kk 89’)); Alvarez (Lautaro Martinez 82’), Messi (kk 90’+10’)

Tinggalkan komen