Take a fresh look at your lifestyle.

Kawal Agenda Politik Nasional Jelang Pemilu Legislatif & Pilpres 2024, Lembaga Survey Independen Di Apresiasi

0 2,745
foto : ilustrasi (ist)

Jakartakita.com – Rakyat Indonesia secara terus menerus mengawal setiap agenda Politik Nasional menjelang Pemilu Legislatif dan Pilpres 2024.

Agenda dan Tahapan Pemilu yang telah ditetapkan KPU terus diikuti dengan cermat oleh semua stackeholder, terutama Partai Politik, kandidat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Calon Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan tak ketinggalan Lembaga-lembaga Survey Independen.

Tak dapat disangkal, bahwa lembaga-lembaga survey yang telah diakui reputasinya, memiliki peran sangat penting dalam menyajikan data yang dibutuhkan baik oleh Partai Politik, maupun oleh para pemangku kepentingan yang secara langsung maupun tak langsung memiliki kewenangan untuk ikut menentukan arah Demokrasi dan Politik Nasional.

Selanjutnya, bagaimanakah Konstelasi Politik yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengukur kekuatan dan terutama keterpilihan Rakyat kepada Partai Politik maupun para kandidat Capres, Cawapres yang saat ini tengah mencuat di publik Indonesia.

Selain itu, variabel manakah yang dipandang sebagai penentu kemenangan Pileg dan Pilpres 2024.

Adapun baru-baru ini, Lembaga Survey Independen, Kompas, SMRC, dan juga Indo Barometer merilis hasil Survey terbaru.

Data hasil Survey SMRC yang dilakukan pada periode 2 – 11 Maret 2023 menyebutkan, popularitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang tertinggi 90 % mengungguli Prabowo Subianto dengan angka 81%, Anies Rasyid Baswedan 72%, Airlangga Hartarto dengan 73% dan Puan Maharani 45%.

Pada Survey 3 bulan terakhir, Popularitas Ganjar mencapai 90%, mengalahkan Prabowo pada angka 81% dan Anies Baswedan pada angka 72%.

Pada akhir penjelasannya, Direktur SMRC, Deni Irvani menegaskan, tingkat elektabikitas tiga tokoh yang diunggulkan sebagai Capres yakni: Ganjar Pranowo pada posisi lebih unggul, yakni pada angka 45,2%, Prabowo Subianto 26,2% dan Anies Baswedan pada angka 22,3%.

Related Posts
1 daripada 654

Gambaran lain yang menunjukan tingkat elektabilatas ketiga tokoh unggulan Partai dan Rakyat tersebut, disampaikan Mochamad Qodari dari Indobarometer.

Dari data survey terakhirnya, tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo lebih tinggi, yakni pada angka 30,3%, Prabowo Subianto pada angka 28,4% dan Anies Baswedan pada angka 25,3%.

Semua data lembaga-lembaga Survey tersebut memberi gambaran, bahwa tingkat Popularitas maupun tingkat Keterpilihan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih tetap unggul, dibanding dua tokoh unggulan lainnya, yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Hal itupun dijelaskan Litbang Kompas yang melakukan survey periode Januari 2022 sampai periode Januari 2023.

Pada periode Januari 2022, elektabilitas Ganjar berada pada posisi 20,5%, Juni 2022 pada angka 20%, Oktober 2022 pada angka 23,2% dan terakhir pada Januari 2023, Ganjar berada pada posisi 25,3%.

“Jika kita melihat Data Ketiga Lembaga Survey tersebut, kita tak perlu menggeneralisir bahwa Ganjar Pranowo tetap yang terbaik, namun dengan gambaran data hasil Survey ketiga Lembaga Survey tersebut, setidaknya telah mengantar kita pada kesimpulan sementara, bahwa Ganjar Pranowo memiliki tingkat Popularitas dan Keterpilihan yang masih tertinggi dari para kandidat lain. Dengan demikian, data survey Lembaga-lembaga tersebut mau menegaskan komitmen, bahwa Rakyat Indonesia lebih mendukung Ganjar Pranowo. Bahwa untuk konstestasi Pemilu Presiden 2024, Ganjar Pranowo yang paling diunggulkan. Untuk itu, para Pimpinan Parpol dan Parpol Koalisi diminta cermat dan cerdas menetapkan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden untuk dipilih pada Pilpres mendatang,” terang Z. Leander Ohoiwutun selaku Ketua Umum Relawan Nasional Ganjar Pranowo seperti dilansir dalam siaran pers, Jumat (24/3).

Lebih lanjut diungkapkan, “Mencermati data yang tersaji pada hasil-hasil Survey yang diulas di atas, semua pemangku kepentingan terutama Partai Politik dan juga kelompok Relawan Pendukung Ganjar Pranowo patut pengapresiasi serta menyampaikan terima kasih tak terhingga atas kinerja lembaga-lembaga Survey Independen yang telah bekerja dengan sangat serius, mengumpulkan data baik melalui riset dan metode-metode  mutakhir yang digunakan untuk mendapatkan gambaran pasti tentang sosok Capres yang diinginkan oleh Rakyat.”

“Salut dan apresiasi juga kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah menentukan pilihannya kepada Bapak Ganjar Pranowo untuk didukung sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024,” imbuh Z. Leander Ohoiwutun.

Meski demikian, diakui Z. Leander Ohoiwutun, hasil survey disertai analisisnya tentu saja masih perlu diuji pada tanggal 14 Februari 2024, saat masyarakat diajak untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif dan Pilpres mendatang.

“Bagi kami, Relawan Nasional Ganjar Pranowo, hasil Survey serta analisis ilmiahnya sekurang-kurangnya telah dapat membantu masyarakat yang memiliki hak pilih untuk dapat menentukan pilihannya secara bebas dan tepat. Pilihan Rakyat pada Kandidat Calon Presiden yang tepat akan sangat menentukan kesinambungan hidup berbangsa dan bernegara. Pilihan Rakyat pada Calon yang tepat adalah untuk memilih Penerus Presiden RI Joko Widodo saat ini. Artinya, semua program Pembangunan yang telah digagas, dilaksanakan dan telah digelorakan oleh Presiden Jokowi yang semata mata berorientasi pada kesejahteraan Rakyat, untuk kemajuan bangsa Indonesia, perlu diserahkan, dilanjutkan kepada seorang Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden – Pemimpin penerus berikut yang memiliki Hati Nurani hanya untuk Kemakmuran dan Kebaikan, Kemajuan Rakyat Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden pada 14 Februari 2024, Rakyat Indonesia memilih Calon Presiden yang berjiwa kerakyatan. Kami Relawan Nasional Ganjar Pranowo menghaturkan banyak terima kasih kepada semua pihak, lembaga-lembaga survei nasional, masyarakat Indonesia yang telah memberikan apresiasi kepada bakal Calon Presiden RI, Bapak Ganjar Pranowo, dan saat ini telah unggul dalam survey – survey lembaga nasional dan tinggi elektibilitas,” tandas Z. Leander Ohoiwutun.

Tinggalkan komen