Take a fresh look at your lifestyle.

Marisza Cardoba Foundation – Gudeg Mbah Putri Kampanyekan Menu Lezat Sehat Alami Bebas Gluten Lewat Video Edukatif

0 2,792
foto : istimewa

Jakartakita.com – Selaras dengan kampanye Pemerintah Republik Indonesia bertajuk “Indonesia Spice Up The World“, Marisza Cardoba Foundation (MCF) bekerjasama dengan Gudeg Mbah Putri (GMP) meluncurkan video edukatif bertajuk ‘Cita Rasa Jawa Dari Bumi Sumatera’, sebagai upaya mengedukasi masyarakat dalam penerapan pola makan sehat alami bebas gluten untuk meminimalisir risiko terkena berbagai penyakit, termasuk autoimun.

Dalam video edukatif tersebut, MCF mengajak masyarakat untuk menghindari makanan yang mengandung 6P (Pestisida, Pewarna buatan, Pengawet buatan, Penyedap buatan, Perasa buatan, Pangan rekayasa genetika).

Dengan mengandalkan rempah-rempah alami dari bumi Nusantara, tidak hanya makanan menjadi jauh lebih lezat, namun juga memiliki manfaat kesehatan. Pasalnya, makanan sehat alami sangat penting bagi keberlangsungan Orang Dengan Auto Imun (ODAI).

“MCF secara masif mengedukasi masyarakat tentang penyakit autoimun dan mengajak masyarakat untuk berpola hidup sehat dimulai dari mengonsumsi makanan sehat alami demi kualitas kesehatan yang lebih baik,” terang Pendiri MCF yang juga ODAI, Marisza Cardoba dalam keterangan pers, Senin (03/7).

Lebih lanjut, Marisza Cardoba selaku pendiri MCF yang juga merupakan Inspirator Nasional PUSPA Kementerian PP-PA berharap, bahwa video ini dapat menjadi sarana untuk mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi menu-menu khas Nusantara.

“Semoga video ‘Cita Rasa Jawa Dari Bumi Sumatera’ yang mengkampanyekan ‘Lezatnya Menu Sehat Alami Bebas Gluten’ ini dapat menginspirasi masyarakat dalam mengolah bahan baku makanan untuk sajian yang sehat bagi ODAI dan keluarga sebagai bagian dari penanggulangan autoimun dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Marisza.

Asal tahu saja, penyakit autoimun banyak menyerang saraf, sendi, dan otot yang dapat mengganggu fungsi gerak, bahkan beberapa penyakit autoimun mengakibatkan kondisi disabilitas.

Adapun video “Citarasa Masakan Jawa Dari Bumi Sumatera: Lezatnya Menu Sehat Alami Bebas Gluten” dapat disimak melalui akun AUTOIMUN ID di kanal YouTube.

Video ini terdiri dari segmen diskusi kesehatan bersama narasumber pakar dan penyintas yang diselenggarakan di Pekanbaru – Riau, dan segmen “live cooking” di Lasuang Kamba Farm – Bukittinggi – Sumatera Barat.

Related Posts
1 daripada 2,086

Pada salah satu segmen di video tersebut, dr. Erwin Christianto SpGK, MGz menyampaikan, “Kenali apa yang kita makan, kenali apa yang membuat atau yang merugikan tubuh kita dulu, kemudian ambil langkah-langkah kecil dulu, dan tidak perlu terlalu drastis. Penting untuk menghindari makanan yang mengandung gluten, terutama yang memiliki kondisi khusus seperti autoimun.”

Asal tahu saja, Gluten adalah salah satu jenis protein yang terkandung pada biji-bijian tertentu. 

Gluten banyak terkandung pada produk roti dan kue, aneka saus dan bumbu masak kemasan, pasta, gandum dan produk turunannya, haver (oat) dan sebagainya.

Pada makanan seperti roti, gluten dapat membantu memperbaiki tekstur agar lebih baik (empuk).

Namun, tidak semua orang bisa mengonsumsi makanan yang mengonsumsi senyawa protein ini, terutama terhadap mereka yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi gluten dapat berakibat pada kerusakan pencernaan ketika memakannya, dengan gejala awal seperti diare, perut kembung, nyeri perut, dan tidak nyaman pada bagian perut.

“Asup makanan kita pada jam yang selalu sama setiap harinya,” ujar dr. Erwin.

Lebih lanjut dr. Erwin menambahkan, “Menu-menu khas Nusantara yang alami merupakan pilihan tepat karena selain enak, juga banyak mengandung zat gizi yang seimbang. Penting untuk diingat agar menu yang dikonsumsi bervariasi dan bukan itu-itu saja.”

Sementara itu, ODAI Inspiratif sekaligus Pendiri Gudeg Mbah Putri (GMP), Yeviani Oktora menyampaikan, “Jangan tunggu sakit untuk mulai menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup maupun pola makan saya dulu tidak sehat, utamanya kesulitan untuk tidur. Saya pernah tidak tidur selama satu minggu penuh dan selama beberapa tahun mengonsumsi obat tidur hingga terdiagnosa autoimun beberapa jenis sekaligus, termasuk AIHA, APS dan Lupus.”

Yeviani mengutarakan rasa syukurnya berhasil meraih kondisi kesehatan yang semakin baik setelah menerapkan pola hidup sehat.

“Pertemuan dengan MCF sangat mengubah hidup saya, wawasan dan motivasi semakin meningkat. Banyak kelas pengolahan makanan sehat di MCF yang telah saya ikuti,” imbuh Yeviani penuh semangat.

“Sedapat mungkin pilihlah bahan baku yang bersertifikasi organik, atau setidaknya alami. Jangan mengolah sayuran lebih dari 40 derajat Celcius, Jika ingin mengkonsumsi makanan bersantan, pastikan santannya tidak dididihkan, apalagi berulang,” jelas Yeviani.

Tinggalkan komen