Take a fresh look at your lifestyle.

Ekspansi Bisnis, Dyandra Bakal Kembangkan 3 Wahana di TMII dengan Konsep Jagat Satwa Nusantara

0 2,805
foto : istimewa

Jakartakita.com – Perusahaan induk PT Dyandra Media International, Tbk (Dyandra & Co.) melakukan perluasan bisnis melalui PT Dyandra Mitra Indah sebagai pengelola dan operator taman wisata.

Baru-baru ini, PT Dyandra Mitra Indah telah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan PT Bhumi Visatanda Indonesia (BHIVA) selaku operator Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Penandatanganan tersebut, masing-masing diwakili oleh Claudia Ingkiriwang Direktur Utama PT Bhumi Visatanda Indonesia dan Ery Erlangga Direktur PT Dyandra Mitra Indah.

“Kami telah menyusun rencana strategis dalam pengembangan 3 wahana di TMII dengan konsep Jagat Satwa Nusantara, yaitu menghubungkan masyarakat dengan satwa dan memberikan aksi yang menginspirasi untuk konservasi satwa liar. Selain itu, revitalisasi ini merupakan upaya penunjang dalam mengedukasi masyarakat, terutama usia sekolah, dan juga wisatawan asing terhadap keanekaragaman satwa di Indonesia,” ungkap Ery Erlangga selaku Direktur PT Dyandra Mitra Indah dalam keterangan pers, Jumat (14/7).

Dijelaskan, Jagat Satwa Nusantara merupakan konsep yang dipresentasikan oleh PT Dyandra Mitra Indah dalam proses pengembangan dan revitasilasi 3 wahana di TMII, yaitu Dunia Air Tawar & Dunia Serangga, Taman Burung, dan Museum Komodo dan Taman Reptil.

“Jagat Satwa Nusantara merupakan taman zoologi unik yang dibagi menjadi 3 unit besar & 1unit kecil yang mewakili 4 kelas besar pada kerajaan hewan; Dunia Air Tawar & Dunia Serangga yang mewakili kelas Pisces dan Insecta, Museum Komodo & Taman Reptil sebagai representatif Herpetofauna, hingga Taman Burung yang mewakili Kelas Avifauna,” beber Ery Erlangga.

Adapun Jagat Satwa Nusantara adalah penamaan dan pembaharuan konsep dari lembaga konservasi yang berdiri di Taman Mini Indonesia Indah, sejak tahun 1970 silam.

Di sisi lain, rencana induk dari program Jagat Satwa Nusantara telah dikonsepkan dan disetujui oleh Komite Desain TMII.

Related Posts
1 daripada 3,462

Konsep revitalisasi yang disetujui meliputi pembangunan yang berkelanjutan, ramah disabilitas, dan ramah lingkungan.

Pada masing-masing wahana, revitalisasi akan dimulai dari pembaruan tampak muka atau fasad.

Kemudian pada setiap wahana akan dikelompokan sesuai zona diversifikasi satwanya.

Pada Museum Komodo dan Taman Reptilia, akan dibagi menjadi Zona Crocodilian, Zona Testudines, dan Zona Squamata.

Sedangkan pada Taman Burung, diklasifikasikan menjadi Zona Sunda Besar, Zona Wallacea Sahul dan Zona Raptor (Burung Pemangsa).

Dunia Air Tawar, juga akan dibagi menjadi beberapa zona, yaitu Zona Pisces Mundi (Dunia Ikan), Zona Hortus in Aqua (Taman di Dalam Air), Zona Tropicae Silvae (Hutan Hujan Tropis), dan Zona Archipelago (Nusantara).

PT Dyandra Mitra Indah sendiri, melalui Jagat Satwa Nusantara berinisiasi untuk berpartisipasi dalam pengelolaan konservasi satwa liar, yaitu dengan mengelola dan meningkatkan sarana prasarana utama di dalam lembaga konservasi yang mengacu pada pendekatan 5 Freedoms Animal Welfare.

Sebelumnya, Dyandra & Co. juga telah memiliki pengalaman pada usaha pengelola dan operator taman wisata.

PT Mitra Natura Raya bersama dengan BRIN, mengelola 4 Kebun Raya yang berlokasi di Bogor, Cibodas, Purwodadi dan Bedugul.

PT Mitra Global Animalia juga dipercaya oleh BRIN untuk mengelola fasilitas penelitian satwa liar dan situs edu-wisata terbaru di kawasan Cibinong, Jawa Barat, yang bernama Animalium.

Tinggalkan komen