Take a fresh look at your lifestyle.

Yayasan Wings Peduli Kasih Gelar Edukasi Kesehatan & Bangun Fasilitas Pendidikan di Sumba Timur

0 3,166
foto : dok. Wings Group

Jakartakita.com – Sumba adalah pulau eksotis di propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang kini tengah naik daun karena memiliki keindahan alam luar biasa sebagai potensi pariwisata.

Sederet pesohor Internasional seperti David Beckham, Chris Hemsworth hingga Jamie Chung sudah pernah berkunjung ke pulau ini.

Sayangnya, seluruh kabupaten di pulau ini masuk kedalam daftar daerah tertinggal 2015-2019 yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo dalam Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015 – 2019.

Sumba Timur adalah salah satu kabupaten yang mendapat sorotan sebagai daerah tertinggal, karena berdasarkan data Badan Pusat Statistik, indeks pembangunan manusia di daerah tersebut hanya 64,19.

Dari sisi pendidikan, harapan lama sekolah anak-anak di daerah ini adalah 12,79 (12 tahun) dengan rata-rata lama sekolah 6,73 (6 tahun), sedangkan angka harapan hidup hanya mencapai 64,12.

Berangkat dari hal tersebut, Yayasan Wings Peduli Kasih yang berada di bawah Wings Corporation, produsen dan distributor produk rumah tangga, produk perawatan pribadi, serta produk makanan dan minuman terkemuka di Indonesia mewujudkan aksi kepedulian untuk meningkatkan kualitas dan standart hidup masyarakat dalam bidang kesehatan dan pendidikan.

Hal ini dilakukan dengan menggelar edukasi kesehatan bagi masyarakat di desa Papu, Watumbaka, Sumba Timur pada tanggal 10 dan 11 September 2018 lalu.

“Aksi ini merupakan bentuk kepedulian Yayasan Wings Peduli Kasih untuk berpartisipasi meningkatkan standard kesehatan masyarakat di kabupaten Sumba Timur. Para peserta mendapatkan pemaparan dan modul informatif mengenai topik edukasi yang diajarkan berdasarkan kategori yang ditentukan yaitu Ibu Rumah Tangga, Remaja dan anak-anak. Dengan begitu, diharapkan mereka mampu menjadi agen perubahan di tengah lingkungan, baik keluarga maupun masyarakat,” tutur Gabriella Da Silva, Public Relations Head PT Sayap Mas Utama yang juga turun langsung sebagai pengajar dalam kegiatan tersebut.

Related Posts
1 daripada 6,414

Dalam siaran pers yang dirilis Jumat (14/9/2018), disebutkan bahwa materi yang diberikan adalah edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Kebiasaan Mencuci Tangan yang benar bagi 50 Ibu Rumah Tangga, edukasi Manajemen Kebersihan Menstruasi bagi 50 remaja putri, edukasi informasi Menstruasi bagi 50 remaja putra serta panduan edukasi PHBS bagi 50 anak-anak.

Para peserta yang mendapatkan edukasi dari tim Yayasan Wings Peduli Kasih diharapkan mampu menjadi agen perubahan di masyarakat, menularkan informasi dan kebiasaan positif yang mendorong perubahan perilaku keluarga dan masyarakat menjadi lebih baik.

Adapun dalam kegiatan ini, Yayasan Wings Peduli Kasih bekerjasama dengan Travacello Care juga melakukan pembangunan sekolah untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Gracia 2 di desa Papu, Watumbaka, Sumba Timur.

Dalam proyek tersebut, Yayasan Wings Peduli Kasih membantu membangun perpustakaan dan toilet untuk PAUD Gracia 2, demi membantu meningkatkan minat baca dan minat belajar masyarakat lokal, sekaligus sebagai bentuk partisipasi mencerdaskan bangsa.

foto : dok. Wings Group

Pembangunan fisik proyek tersebut dimulai pada September 2018 dan diharapkan selesai pada November 2018, sehingga dapat diresmikan pada Desember 2018.

“Yayasan Wings Peduli Kasih berharap pembangunan perpustakaan dan toilet untuk PAUD Gracia 2 dapat Mendorong minat belajar sejak usia dini, memperbesar harapan lama sekolah anak-anak sehingga  kualitas pendidikan masyarakat dapat meningkat. Bangunan tersebut juga diharapkan mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke PAUD Gracia 2 dan memberi bantuan kepada masyarakat di desa Papu,” tambah Gabriella Da Silva.

Aksi yang dilakukan oleh Yayasan Wings Peduli Kasih ini mendapatkan apresiasi tinggi dari Jonathan Thamrin, Founder Travacello Care.

“Sesuai dengan tagline kami, travel in harmony, Travacello memiliki misi untuk memberikan kebarmonisan berupa nilai lebih di setiap perjalanan yang kami suguhkan. Selain menikmati keindahan alam Indonesia, kami juga mengajak peserta kami untuk turut berkontribusi bagi penduduk lokal melalui Travacello Care. Tahun ini kami berfokus di Sumba School Project, terima kasih kepada Wings atas dukungannya bagi projek ini. Bersama kita bantu saudara-saudara kita, siapa tahu Presiden berikutnya berasal dari Sumba?”

 

Tinggalkan komen