Take a fresh look at your lifestyle.

ZAP Beauty Index 2023 Beri Perspektif Baru Trend Kecantikan Lokal

0 1,951

Jakartakita.comZAP kembali meluncurkan ZAP Beauty Index 2023, sebuah survei tahunan yang memotret perilaku wanita Indonesia mengenai dunia kecantikan. ZAP Beauty Index tahun ini melibatkan sekitar 9.000 responden wanita, meningkat 3.000 dari pelaksanaan di 2021, berusia 15-65 tahun di seluruh Indonesia bekerja sama dengan MarkPlus, survei pertama dan paling komprehensif mengenai kebiasaan konsumen dan industri kecantikan Indonesia ini, telah dilakukan sejak 2018 dan telah memiliki banyak versi dan tahun ke tahun Survey kali ini dilakukan untuk membantu memberikan perspektif terhadap tren industri kecantikan pada 2023 mendatang.

Secara konsisten ZAP Beauty Index kembali menilis sejumlah temuan menarik Beberapa di antaranya adalah popularitas brand lokal, pengaruh influencer, tren kecantikan, hingga perubahan kebiasaan terkait kecantikan pada masa post normal ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi lebih spesial karena memuat lebih banyak pendapat wanita tentang tipe pria idaman wanita.

Sebanyak 95.1 persen wanita mengapresiasi para pria yang menggunakan skincare setiap hari secara rutin. Dengan persentase 82.9 persen, wanita setuju bahwa penting bagi para pria untuk melakukan perawatan kulit di klinik. Temuan ini menjadi bukti bahwa wanita tak lagi menganggap skincare dan treatment hanya khusus diperuntukkan bagi wanita, karena untuk menjadi pria idaman para wanita, perlu merawat dan memperhatikan penampilan fisik.

Foto: Jakartakita.com/Doni

Terkait pesona dan fisik 87.5 persen wanita Indonesia paling menyukai pria yang memiliki personality dan attitude yang baik pengetahuan yang luas dan wangi, berada di posisi kedua dan ketiga dengan persentase masing-masing 77.3 persen dan 67 5 persen Selain itu, tinggi badan di atas rata-rata, hidung mancung dan bahu dada yang bidang juga mudah membuat para wanita mudah jatuh hati.

Brand kecantikan lokal berhasil memenangkan hati para wanita Indonesia tahun ini. Lebih banyak wanita yang mempercayakan perawatan kulitnya pada brand lokal dibandingkan brand luar negeri Sebanyak 96.8 persen wanita Indonesia menggunakan produk skincare buatan Indonesia Bahkan, terdapat 19 persen wanita yang mengaku menggunakan brand lokal secara eksklusif untuk merawat kulit mereka. Antusias para wanita untuk memakai brand kecantikan lokal dapat terlihat dari produk-produk skincare dan makeup lokal yang semakin beragam dan inovatif Empat produk teratas yang paling disukai dan banyak digunakan oleh para wanita Indonesia adalah serum, facial wash, sunscreen dan pelembab.

Related Posts
1 daripada 6,291

“Pada tahun ini, kami juga melihat bahwa produk dan layanan dari klinik kecantikan semakin menjadi favont wanita Indonesia Pada 2021, hanya 178 persen wanita Indonesia membeli skincare di klinik kecantikan, sementara tahun ini, jumlah tersebut meningkat hingga 32 5 persen Selain produk over the counter, melakukan perawatan di klinik kecantikan menjadi salah satu kegiatan favorit wanita Indonesia masa kini,” ucap Yosanova Savitry selaku COO MarkPlus Institute dalam peluncuran ZAP Beauty Index 2023, di Hotel Ashley, Jakarta (7/12).

Beauty influencer memberikan pengaruh besar bagi para wanita Indonesia dalam mengonsumsi produk-produk kecantikan Namun, di tengah banyaknya brand yang menunjuk brand ambassador artis atau musisi terkenal dan Korea, nyatanya ZAP Beauty Index 2023 membuktikan bahwa influencer lokal masih menjadi acuan untuk lebih dipercaya. Terkait memilih produk dan layanan kecantikan, 78 persen wanita Indonesia lebih tertarik pada influencer lokal dibandingkan dengan artis Korea.

Hanya sekitar 168 persen wanita yang terpengaruh oleh pemain film Korea dan 85 persen terpengaruh oleh girlband/boyband Korea. Selain Instagram, ternyata tahun ini Tik Tok turut memberikan pengaruh besar di mana sebanyak 51.5 persen wanita mengakses media sosial ini untuk memperoleh informasi terkait kecantikan.

Skincare dengan manfaat melembabkan lebih banyak dican sebesar 60 persen dibandingkan manfaat anti-acne, yang selama beberapa tahun terakhir menduduki peringkat teratas Pada tahun sebelum 53.8 persen wanita lebih mencari manfaat anti-acne dan 53.6 persen mencari manfaat untuk melembabkan.

Sementara itu, penuaan dini atau anti-aging menjadi momok para wanita di semua kalangan usia. ZAP Beauty Index 2023 menemukan bahwa 14.4 persen remaja perempuan di bawah 19 tahun sudah
mencari skincare yang berkhasiat untuk mencegah penuaan. Semakin dewasa wanita, manfaat and aging
semakin menjadi prioritas.

Perawatan di klinik kecantikan semakin populer dan digemari oleh banyak wanita. Hal tersebut mengacu pada temuan 3 dari 5 wanita Indonesia memilih treatment kulit wajah di klinik kecantikan sebagai kegiatan pampering yang paling disenangi Facial untuk membuat wajah lebih glowing merupakan jenis perawatan yang disukai oleh lebih dari 50 persen wanita Indonesia saat ini. Hal ini sejalan dengan temuan mengenai concern wanita Indonesia terhadap kulit kusam. Mereka memimpikan wajah yang bersih dan mulus, selain juga bertubuh sehat dan bugar, agar dapat merasa cantik

Merespon temuan ZAP Beauty Index 2023, Chief Marketing Officer ZAP Clinic Feriani Chung mengatakan, “Kepercayaan wanita Indonesia terhadap klinik kecantikan semakin meningkat dan tahun ke tahun. Selain menjadi bentuk capaian bagi ZAP, temuan ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi masukan bagi kami untuk terus relevan dengan apa yang wanita Indonesia butuhkan dalam mempercantik diri. Selain itu, kami terus berharap agar ZAP Beauty Index bisa menjadi referensi yang komprehensif dan tepercaya bagi pelaku industri kecantikan dan kesehatan Indonesia. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen