Take a fresh look at your lifestyle.

BukuWarung Apresiasi Pahlawan Literasi Keuangan & Umumkan Pemenang Kompetisi ‘Promo Untung Selangit’

0 3,123
foto : dok. BukuWarung

Jakartakita.com – BukuWarung, aplikasi keuangan lengkap untuk UMKM, baru-baru ini menggelar Malam Penghargaan dengan tema ‘Malam Puncak Untung Selangit’ di Bali, sebagai penutup rangkaian road show edukasi literasi keuangan digital di 241 kota dan kabupaten, berupa kompetisi ‘Promo Untung Selangit’ yang telah berjalan dari tanggal 18 Januari – 16 April 2023.

Dari kompetisi tersebut, lebih dari 130 orang berhasil mengumpulkan skor terbanyak dari program referral dan memenangkan hadiah dengan total lebih dari Rp400 juta.

Sebanyak 14 pemenang juga mendapatkan hadiah utama berupa hadiah liburan ke Pulau Bali bersama 2 teman.

“Kami mengadakan ‘Malam Puncak Untung Selangit’ untuk merayakan komunitas pelaku UMKM pengguna BukuWarung yang telah untuk tumbuh bersama dan saling mendukung satu sama lain. Kami memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada mereka yang telah membantu menyebarluaskan misi BukuWarung dalam mempercepat kesuksesan finansial pelaku UMKM serta mendukung realisasi peningkatan literasi dan inklusi keuangan digital di Indonesia,” ucap VP Strategic Partnership, Compliance and Legal BukuWarung, Romy Williams dalam keterangan pers, yang diterima Jakartakita.com, Senin (29/5).

Romy melanjutkan, “BukuWarung bangga oleh pencapaian para pengguna BukuWarung yang turut mendorong peningkatan literasi keuangan digital di lingkungannya masing-masing terutama di wilayah timur Indonesia. Sebagaimana diketahui, masih banyak UMKM di Indonesia Timur dan di kota-kota kecil yang belum terjangkau layanan keuangan formal. Sehingga sebagian besar dari pelaku UMKM belum memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan keunggulan kompetitif mereka.”

Related Posts
1 daripada 3,191

Adapun salah satu pemenang yang hadir ke Bali adalah Go Frengky Utama, pelaku UMKM pemilik toko alat listrik dari Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

Frengky telah berperan penting dalam mempercepat literasi dan inklusi keuangan serta mendorong kesuksesan finansial masyarakat di Kabupaten Bone.

“Saya sangat senang bisa bergabung dengan BukuWarung dan menjadi bagian dari kompetisi referral ‘Untung Selangit’, untuk memberdayakan pelaku UMKM di Kabupaten Bone dan mempromosikan literasi keuangan. Program ini memberikan kesempatan kepada pemilik usaha kecil seperti saya dan teman-teman saya untuk belajar bareng, untuk mengembangkan bisnis kami bersama dalam satu komunitas,” ujar Frengky.

Asal tahu saja, tingkat inklusi keuangan Sulawesi Selatan pada tahun 2022 naik dari angka 86,91 persen mencapai angka 88,57 persen dan mencatatkan prestasi dengan melebihi angka tingkat nasional di 85,10 persen.

Walau demikian, capaian itu tidak dibarengi dengan literasi keuangan.

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) oleh OJK pada tahun 2022 menunjukkan, indeks literasi keuangan Sulawesi Selatan sebesar 36,88 persen.

Angka tersebut masih jauh di bawah indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen.

Tinggalkan komen