Take a fresh look at your lifestyle.

Perkuat Ekosistem Green Smart City Berbasis IoT & AI, XL Axiata Jalin Sinergi dengan Sejumlah Mitra Strategis

0 6,368
foto : dok. XL Axiata

Jakartakita.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) dan X-CAMP terus berupaya mengekplorasi sumber daya dan kemampuan yang dimiliki untuk bisa menghadirkan solusi-solusi berbasis teknologi digital yang bisa menjawab tantangan di masa kini dan ke depan.

Adapun saat ini, XL Axiata Business Solutions memiliki sejumlah solusi digital berbasis Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan Connectivity, yang telah menjadi satu ekosistem Green Smart City.

Guna mengembangkan dan memperkuat lebih lanjut ekosistem Green Smart City berbasis teknologi IoT, XLABS berkolaborasi dengan X-CAMP menjalin kerja sama dengan sejumlah mitra strategis.

Dalam acara bertajuk “Unveiling XL IoT Ecosystem Lounge: Innovate, Elevate, and Integrate”, dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan kerja sama antara XL Axiata dengan Institut Teknologi Bandung, IBM, PT Cahaya Mutiara Sentosa, PT Maggot Indonesia Lestari dan PT Xekar. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Director Smart Cities and Communities Innovation Center ITB, Prof. Dr.Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng. Business Development Executive -IBM, Donny Gunawan, CEO PT. Cahaya Mutiara Sentosa, Edward Halim, CEO PT. Maggot Indonesia Lestari, Markus Susanto dan CEO PT. Xekar, Ria Putri Sekarwidati di Jakarta, Jumat (8/12).

Dalam keterangan pers, Minggu (10/12), Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa Gede mengungkapkan, solusi-solusi digital dalam ekosistem Green Smart City yang dihadirkan oleh XLABS sebelumnya sudah melewati masa inkubasi, dan direalisasikan dengan memperhatikan aspek lingkungan dan sustainability.

“Dan pada akhirnya ekosistem tersebut pun sudah bisa dikomersialisasikan dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan industri berbagai sektor, juga untuk pemerintahan, bahkan dapat pula dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat luas,” jelasnya.

Adapun dalam implementasinya, XLABS telah bekerja sama dengan beberapa industri yang telah menggunakan solusi digital hasil kolaborasi dengan X-Camp dan XL Future Leaders, di antaranya:

1.Solusi IoT X-Maggot oleh PT Maggot Indonesia Lestari,  PT Magalarva Sayana Indonesia, PT Java Protein Indonesia

2.Solusi IoT HydroponiX dan Xinergis, oleh PT Cahaya Mutiara Sentosa, Serua Farm,  Urban Living Farm

Related Posts
1 daripada 3,353

3.Solusi IoT Temptrax dan Fleetech oleh PT Wirantono Baru dan PT Bimasakti Utama

4.Solusi IoT X-Bright oleh Diskominfo Tasikmalaya.

Dari sisi pengalaman, XLABS telah membantu sejumlah pemerintah kota/kabupaten dalam upaya digitalisasi di daerah masing-masing.

XLABS telah mendukung implementasi teknologi digital di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna menangani masalah banjir melalui program Jakarta Smart City.

Pada proyek ini, XL Axiata menerapkan “IoT Flood Monitoring” guna memantau tingkat ketinggian air di sejumlah titik utama yang mempengaruhi potensi terjadinya banjir.

Teknologi ini memberikan manfaat berupa sensor sungai yang real time dengan sistem pemantauan, konektivitas yang andal, smartcity dashboard, serta big data dan analitik.

Selain itu, XLABS juga telah membantu Pemerintah Kota Bengkulu dalam merintis program smartcity.

Di kota ini, telah berhasil diterapkan antara lain penerangan jalan umum yang menerapkan IoT.

Dengan digitalisasi, operasional penerangan jalan bisa berlangsung secara efisien dan efektif, meliputi waktu menyala dan padam, tingkat kecerahan lampu, hingga penggunaan energinya.

Di Bengkulu juga, telah diterapkan solusi “IoT Thermal Imaging” untuk mengukur suhu tubuh guna ditempatkan di perkantoran.

Solusi ini telah diimplementasikan di gedung-gedung perkantoran guna mencegah penularan penyakit berbahaya.

Tinggalkan komen